Jumat 17 Jun 2011 11:34 WIB

Asyik Banget, Liburan Sekolah Ramai-Ramai ke Luar Negeri!

Red: cr01
Ilustrasi
Foto: bloghoulic.blogspot.com
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Liburan ke luar negeri saat ini menjadi pilihan untuk mengisi musim liburan sekolah. Dan tiga negara paling favorit tujuan wisata adalah Singapura, China, dan Thailand.

"Sudah banyak pemesanan. Jika dibandingkan antara pemesanan domestik dan luar negeri, banyak yang pesan ke luar negeri. Rata-rata mereka rombongan atau keluarga," kata petugas tiket biro travel Bangkong Holiday, Ketty, Jumat, (17/6).

Menurut Ketty, para pemesan tiket kebanyakan mengambil paket liburan, tidak hanya transportasi tetapi juga akomodasi tempat penginapan. Sementara untuk domestik, Bali masih menjadi tempat favorit berlibur dengan pemesan terbanyak dari keluarga. "Kalau liburan sekolah memang pemesanan tiket meningkat dibanding hari biasa. Jika biasanya ke luar negeri hanya lima tiket, pada liburan sekolah bisa mencapai 20 lebih pemesan. Begitu juga ke Bali, yang biasanya tidak pasti ada, sekarang bisa lima yang memesan tiket," ungkapnya.

Pilihan berlibur ke luar negeri juga terlihat dari daftar pemesan tiket di biro travel Aqobah. Petugas tiket, Rizki, mengaku pemesan tiket banyak memilih Singapura sebagai tujuan berlibur. "Masih banyak yang memesan tiket, meskipun harga tiket pesawat sejak awal Juni sudah naik semua," ujarnya.

Kedua biro travel tersebut mengaku kenaikan pemesanan tiket pada saat liburan sangat signifikan dibandingkan liburan lainnya.

Dalam kesempatan terpisah, District Manager Sriwijaya Air Semarang, Hendrik Ardiansah, mengatakan tingkat keterisian kursi penumpang (load factor) pada pertengahan Juni 2011 mencapai 90 persen.

Terkait harga tiket, Hendrik mengakui ada pengurangan penjualan tiket murah menjelang liburan sekolah. Akan tetapi, masih disediakan harga termurah Rp 370 ribu. "Kita mengurangi harga tiket yang murah dan rencananya diberlakukan selama musim liburan hingga tanggal 19 Juli 2011," katanya.

Hendrik berharap setelah masa liburan selesai, harga tiket terus bertahan karena berkaitan dengan harga bahan bakar minyak yang selalu naik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement