Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Sstt...Pemkot Depok 'Dekati' Pemilik Masjid Kubah Emas

Selasa 14 Jun 2011 16:43 WIB

Red: Siwi Tri Puji B

Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berusaha menjajaki kerjasama dengan pemilik Masjid Dian Al-Mahri atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas di Cinere. "Kami berniat menjalin kerjasama untuk mengelola Masjid Kubah Emas, untuk memajukan pariwisata di Kota Depok," kata Kepala Bidang Pariwisata Seni dan Budaya, Nita Ita, di Depok, Selasa.

Dikatakannya Masjid megah itu tercatat di urutan pertama dalam daftar pariwisata Jawa Barat. Menurut dia kota Depok sangat minim tempat tujuan Pariwisata. Hanya masjid Kubah Emas ini yang dikenal kepleosok tanah air tapi juga hingga ke manca negara. "Banyak dari berbagai daerah yang berkunjung sekedar untuk melihat secara langsung Masjid megah tersebut," katanya.

Ia mengatakan perlu dikelola secara baik dan benar pariwisata di Masjid Kubah Emas agar bisa menjadi daya tarik warga lainnya berkunjung ke kota Depok.

Untuk merealisasi kerjasamanya itu, dalam waktu dekat, sambung Nita, Disporsenbud akan mendatangi pemilik Masjid untuk menjelaskan niatannya. "Saya akan terus berkomunikasi kepada pihak pengelola masjid.Namun, itu sedikit sulit karena pemilik masjid sulit ditemui," ujarnya.

Senada diungkapkan Kepala Seksi Pariwisata seni dan Budaya, Sukardi. Menurut dia, hingga kini pemilik masjid itu sangat sulit sekali dihubungi guna membicarakan kerjasama dengan Pemkot Depok.
Padahal, satu-satunya, Pariwisata religi di kota depok hanya Masjid Kubah Emas. "Masjid Kubah Emas merupakan Pariwisata unggulan Depok," ujarnya.

Kompleks Masjid Dian Al-Mahri atau Masjid Kubah Emas akan terus berkembang dan akan menjadi pusat pengembangan Islam, nantinya komplek Masjid Kubah emas mempunyai tiga fungsi yaitu fungsi ibadah dimana adanya Masjid Kubah Emas, fungsi pendidikan dimana akan didirikan pesantren dari mulai Taman Kanak-kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi,dan fungsi dakwah dimana berdiri gedung-gedung dakwah.

Sebagai daerah wisata religi tersebut Masjid Kubah Emas dikunjungi oleh puluhan ribu masyarakat setiap harinya. Pada hari Sabtu dan Minggu jumlah pengunjung akan membludak. Para pengunjung datang dari berbagai daerah yang menggunakan bus-bus besar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA