Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Darah Muda Jadi Buruan Eropa

Selasa 14 Jun 2011 09:55 WIB

Rep: Abdullah Sammy / Red: Didi Purwadi

Phil Jones

Phil Jones

Foto: AP/Anders Brohus

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON - Darah-darah muda menjadi primadona jelang dibukanya bursa transfer klub-klub Eropa musim 2011/2012. Sejumlah tim besar seperti Manchester United, Chelsea, serta Liverpool bahkan telah sukses mendapat tanda tangan telenta muda berbakat.

Tim Setan Merah, Manchester United, berhasil melabuhkan bek muda Blackburn Rovers, Phil Jones, awal pekan ini. Nilai yang digelontorkan MU untuk mendapatkan pemain berusia 19 tahun ini terbilang tidak sedikit yakni sebesar 17 juta poundsterling (sekitar Rp 163 miliar).

“Pemain telah sepakat dengan perjanjian kontrak selama lima tahun. Tes kesehatan telah dilakukan pekan lalu. Transfeer segera akan diselesaikan usai dia kembali dari tugas internasionalnya,” begitu pernyataan resmi  klub Manchester United.

Jika MU memilih Jones sebagai investasi jangka panjangnya, maka Liverpool memilih mendaratkan gelandang muda Sunderland, Jordan Henderson, yang baru berusia 20 tahun. Untuk mendatangkan Henderson, Liverpool harus rela melepas penyerang mudanya David N’gog. Henderson merupakan transfer pertama yang dilakukan Kenny Daglish sejak dia ditetapkan sebagai pelatih tetap.

Chelsea juga tidak ketinggalan dalam perburuan pemain muda. Tim yang bermarkas di Stamford Bridge itu berhasil mendatagkan salah satu bakat potensial Brasil, Lucaz Piazon, dari Sao Paulo dengan total transfer sekitar 8 juta euro. “Karena umurnya masih dibawah 18 tahun, Piazon baru dapat merumput di Eropa pada musim depan,” tulis situs resmi San Paulo Brasil.

Piazon merupakan salah satu bakat terbesar Brasil di kelompok umur di bawah 17 tahun. Pemain yang dijuluki The Next Kaka itu mampu mengantarkan Brasil sebagai juara Copa America U-17 di mana Piazion menjadi pencetak gol terbanyak.

Dari luar Inggris, sejumlah klub Spanyol dan Italia juga disibukkan dengan perburuan darah muda. Tiga pemuda jadi burian utama yakni, Alexis Sanches (Udinese), Serigo Kun Aguero (Atletico Madrid), dan Neymar (Santos). Alexis Sanches (22 tahun) menjadi buruan utama klub-klub eropa karena kemampuannya dianggap setara dengan seorang Cristiano Ronaldo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA