Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Turki Relakan Hiddink Hengkang ke Chelsea

Selasa 07 Jun 2011 17:58 WIB

Red: Didi Purwadi

Guus Hiddink

Guus Hiddink

REPUBLIKA.CO.ID,ANKARA - Federasi sepakbola Turki (TFF) menerima kenyataan bahwa Guus Hiddink kemungkinan akan meninggalkan posisinya sebagai pelatih tim nasional Turki dan berpindah ke Chelsea. Menurut sumber senior di TFF, Hiddink tidak bisa menolak Chelsea.

''Kami yakin ia ingin pergi ke Chelsea,'' kata sumber tersebut.

Warga negara Belanda berusia 64 tahun itu pernah memegang Chelsea selama beberapa bulan pada 2009. Dia sukses membawa mereka ke semifinal Liga Champions dan juara Piala FA.

Walau penampilan Turki di babak kualifikasi Euro 2012 tidak terlalu menggembirakan, mereka masih mempunyai kesempatan untuk lolos ke babak play off. Hiddink dikabarkan sangat kecewa setelah Mahmut Ozgener, Presiden TFF yang membawa Hiddink ke Istanbul, akan diganti pada pemilihan presiden pada 28 Juni nanti.

''Kalau saja Ozgener bertahan, Guus kemungkinan akan bertahan,'' kata sumber tersebut. ''Ozgener sedang berlibur dan belum memutuskan apakah akan mencalonkan diri lagi. Kalaupun mencalonkan diri, ia kemungkina akan kalah.''

Sang sumber menyebutkan Hiddink sulik menolak tawaran Chelsea. ''Hiddink mengatakan ia mempunyai ikatan kontrak. Tetapi, kita tahu kontrak ini tidak benar-benar punya nilai. Tawaran Chelsea terlalu bagus untuk diabaikan dan TFF memahami itu,'' katanya. ''Hiddink merasa masih berhutang di sana. Ia ingin bekerja setiap hari dan memenangkan kompetisi liga atau Liga Champions. Selama Chelsea membayar kompensasi, kami bisa mengerti.''

TFF belum menerima pendekatan resmi dari Chelsea untuk meminta ijin berbicara dengan Hiddink. Tetapi, hal tersebut kemungkinan akan terjadi dalam waktu dekat. Dengan kontrak bersama Turki tinggal setahun lagi, Chelsea diperkirakan akan memerlukan sekitar 4 juta Ero untuk membayar kompensasi kepada Turki.

Hiddink pernah melatih Belanda, Korea Selatan, Australia dan Rusia. Ia mempunyai hubungan dekat dengan pemilik Chelsea, Roman Abramovich, yang mendanai kontraknya dengan Rusia. Dia selama ini menggunakan jasa Hiddink sebagai konsultan sepakbola.

sumber : www.bbc.co.uk
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA