Jumat 27 May 2011 21:25 WIB

Ha...Ha...Ha... RSUD Tulungagung Ajak Karyawan Ikut Terapi Tertawa

Terapi tertawa. Ilustrasi
Foto: thespec.com
Terapi tertawa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG - Rumah Sakit Umum Daerah dr Iskak Tulungagung secara rutin menggelar pelatihan kepribadian untuk seluruh karyawannya dengan cara unik, yakni melalui terapi senyum dan tertawa.

"Itu salah satu terobosan yang sedang kami upayakan untuk meningkatkan layanan kesehatan," kata Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Mariyani, Jumat.

Meski tergolong agak nyeleneh, pihak manajemen rumah sakit daerah setempat mengklaim teknik atau terapi itu diyakini efektif dalam meningkatkan kualitas layanan mereka serta berkontribusi dalam memberi kepuasan terhadap pengguna jasa kesehatan.

Pelatihan pertama kali digelar pada hari Minggu (22/5) lalu dengan mendatangkan seorang pakar kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya, yakni dr Agus Ali Fauzi.

Para peserta yang jumlahnya mencapai ratusan tidak hanya diberi teori layanan sepenuh hati untuk memberi kepuasan terhadap pengguna jasa kesehatan di rumah sakit, tetapi juga diajak berjoget, bernyanyi, dan tertawa lepas secara bersama-sama.

Hasilnya, meski tidak otomatis berpengaruh langsung terhadap peningkatan kualitas kinerja, para karyawan mengaku lebih rileks.

Mereka juga berharap bisa mendapatkan spirit dari kegiatan yang bertujuan melatih kesabaran dalam setiap menghadapi pasien dengan latar belakang kepribadian berbeda-beda.

"Sabar, tenang, dan tetap murah senyum, meskipun menghadapi pasien/keluarga pasien yang rewel dan bermasalah, itu salah satu kunci layanan kesehatan yang baik," kata Direktur Umum dan Keuangan RSUD dr Iskak, dr Mastur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement