Jumat 20 May 2011 21:23 WIB

Hebat...Warga Satu Kampung di Yogya Siap Bantu Rehabilitasi Pecandu Narkoba

Pecandu narkoba. Ilustrasi
Foto: mediorta.com
Pecandu narkoba. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Pusat Informasi Napza  Kampung atau PINK RT21 RW06 Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta siap membantu rehabilitasi para pecandu narkoba maupun Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lain). "Kampung siaga Narkoba diharapkan menjadi tonggak sejarah perang terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap napza yang berbasis masyarakat," kata Yosep, salah seorang penggagas.

Ia mengatakan, selain layanan informasi soal seluk belum Napza, disediakan pula media rehabilitas sosial bagi para pecandu. "Untuk proses rehabilitas yang akan dilakukan untuk pecandu yang berkeinginan bersih sembuh, kami bekerja sama dengan Pondok Pesantren Al Azka sebagai satu tempat yang memiliki pengalaman rahabilitasi pengguna," katanya.

Yosep mengatakan, Kampung Siaga adalah organisasi yang didirikan secara mandiri serta independen dengan mendasarkan pada semangat warganya, terutama untuk peduli terhadap persoalan narkotika yang sudah jelas mengancam generasi muda.

"Kami akan melayani informasi dari tingkat keluarga, ini sebagai salah satu jawaban dari banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui persoalan napza, akar masalah, efek serta penanganan pada tingkatan keluarga sebagai organisasi yang terkecil," katanya.

Kasat Narkoba Polresta Yogyakarta Kompol Andreas Deddy Wijaya SIK mengatakan, sebagai penegak hukum sangat mendukung pengawasan peredaran narkoba yang dilakukan oleh masyarakat di lingkup kerja Polresta Yogyakarta. "Kampung Siaga Narkoba dan PINK ini merupakan lembaga kampung yang sangat positif. Jika peredaran narkoba terus diawasi maka akan bagus untuk menekan distribusinya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement