Sabtu 14 May 2011 18:07 WIB

Gunung Kidul akan Difokuskan ke Wisata Adventures

Rep: neni ridarineni/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,YAKARTA - Dinas Pariwasata Provinsi DIY akan mulai mempromosikan Kawasan Selatan Yogyakarta, terutama di wilayah Kabupaten Gunungkidul, sebagai wisata adventure.

''Padahal saat saya di Jakarta mengikuti ajang promosi pariwisata yang sifatnya adventure justru dominasinya di Gunungkidul. Karena Gunungkidul itu paling banyak  adventure, ada gunung, panjat tebing, gua,  dan sebagainya,''kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY  Tazbir di Yogyakarta. Sabtu (14/5).

''Karena itu kawasan di Gunungkidul terutama wisata gua akan  lebih dipromosikan. Karena kawasan gua di Gunungkidul luar biasa indahnya dan di Indonesia tidak ada saingannya. Karena di situ ada gua yang di dalamnya ada sungai,''jelas Tazbir.

Untuk itu upaya yang akan terus dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi DIY adalah mengenalkan dan menginformasikan bahwa kawasan Selatan Yogyakarta itu banyak potensi. Tidak hanya Parangtritis saja, tetapi justru ada potensi di kawasan guanya.

''Jadi kami fokus wisata adventure atau wisata ekstrim. Memang kebanyakan kalangan muda yang tertarik seperti panjat tebing, dan sebagainya''ungkap dia.

Namun saat ini untuk wisata ekstrim ini masih terkendala di bidang transportasi yang masih terbatas. Di samping itu, dia menambahkan, juga akses ke Gunungkidul masih kurang. Karena orang ke sana harus menyewa mobil.

Transportasi yang murah dan lancar tidak ada, apalagi kalau pulang malam, sama sekali tidak ada transportasi umum. Sehingga biayanya masih agak tinggi. Di samping itu untuk penginapan/hotel juga masih kurang.

Diakui Tazbir, sudah ada beberapa investor yang akan mengembangkan pariwisata di Gunungkidul terutama untuk perhotelan. Tetapi belum pasti. ''Nanti kalau sudah pasti kami informasikan,''tutur dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement