Senin 09 May 2011 20:41 WIB

Pelajar RI Raih Medali Kompetisi Matematika Di Rumania

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG - Dua pelajar Indonesia asal Surabaya dan Bandung meraih medali perunggu dalam kompetisi Senior Balkan Mathematical Olympiade tingkat SMA di Lasi, Rumania, yang diikuti 20 negara. Kedua pelajar itu adalah Peter Tirtowijoyo Young siswa kelas 3 SMP Kristen Petra 1 Surabaya, dan Monica Vanya Kartika siswi kelas 2 SMA Santa Angela Bandung. "Kami bangga bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia, karena kompetisi ini adalah yang pertama bagi Indonesia di ajang BMO," kata Monica, Senin (9/5).

Ditemui saat tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, ia mengatakan kompetisi BMO diselenggarakan pada 4 - 8 Mei 2011 dengan peserta dari 20 negara di antaranya Albania, Bulgaria, Cyprus, Yunani, Macedonia, Moldova, Rumania, Serbia, Montenegro dan negara undangan termasuk Indonesia.

Menurut dia, peserta dari Rumania dan Inggris menjadi saingan terberat dalam kompetisi itu, karena negara tersebut merupakan langganan juara dalam ajang lomba tahunan Internasional Mathematics Olympiade (IMO). Bahkan, kata dia, negara lainnya menerjunkan peserta yang akan ikut dalam kompetisi IMO bulan Juli mendatang di Belanda. Sehingga, ajang ini merupakan kumpulan serta latihan bagi para peserta kompetisi tingkat tinggi lainnya.

"Semangat kami berdua terpompa karena bersaing dengan peserta yang lebih handal. Akhirnya, medali perunggu dapat kami raih dan memberikan keharuman bagi Indonesia dimata dunia," kata Peter.

Setelah mengikuti ajang ini, rencananya, Monica akan mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi selanjutnya di China pada bulan Juli mendatang. "Akan ada kompetisi matematika lainnya yakni China Girl bulan Juli mendatang," katanya.

Sedangkan Peter, akan mempersiapkan diri untuk seleksi olimpiade sains di tingkat kota surabaya agar bisa masuk dalam tingkat provinsi hingga nasional dan ikut mewakili Indonesia di ajang Internasional selanjutnya. "Dengan modal ini, akan menjadi semangat untuk bisa ikut dalam olimpiade sains di tingkat nasional dan tembus hingga internasional membawa nama negara," katanya.

Monica sendiri pernah mengikuti kompetisi matematika tingkat nasional pada tahun 2008 di Makasar dan 2010 di Medan. Sedangkan Peter sudah mengikuti berbagai kompetisi serupa seperti pada 2007 di Jakarta, 2008 di Hongkong, 2008 di Singapura, 2008 di Thailand, dan pada 2010 di Korea.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement