Ahad 08 May 2011 06:19 WIB

Vettel Siap Bangkit Melawan Kutukan Istanbul

Rep: Setyanavidita Livikacansera/ Red: Didi Purwadi
Sebastian Vettel
Foto: AP/Mark Baker
Sebastian Vettel

REPUBLIKA.CO.ID,ISTANBUL - Pembalap Red Bull Racing, Sebastian Vettel, berhasil bangkit dengan cepat paska kecelakaan parah yang ia alami di turn 8 pada sesi ujicoba seri keempat F1 yang digelar di sirkuit Istanbul Park, Turki, Jumat (6/5). Pembalap asal Jerman tersebut kembali menguasai sesi kualifikasi GP Turki dengan menjadi yang tercepat pada Sabtu (7/5).

Posisi pole position kali ini merupakan pole-nya yang keempat musim ini sekaligus pole ke-19 sepanjang kariernya. Posisi terdepan ini sekaligus memberikan peluang besar bagi Vettel guna memenangkan GP Turki untuk pertama kali dalam sejarah kariernya. Juara dunia 2010 ini memang belum pernah mengecap kemenangan di sirkuit yang kemungkinan tidak akan menggelar F1 lagi di musim depan ini.

Sejak memulai kariernya di F1 pada 2007, posisi podium tiga adalah raihan terbaiknya di Sirkuit Istanbul Park. Selebihnya, Vettel menempati posisi 19, 17, dan gagal finis di GP Turki tahun lalu. Seperti sebuah kutukan, catatan buruk itu menjadi catatan pribadinya di Istanbul Park.

Meski mengaku senang dengan hasil kali ini, Vettel berharap tidak akan banyak terjadi senggolan antar pembalap. Hal ini mengingat dirinya sempat menjadi korban kerasnya sirkuit yang dirancang oleh insinyur asal Jerman, Hermann Tilke, ini. Dikutip dari RTE Sport, Vettel meyakini balapan nanti akan berlangsung dengan ketat dan semua pembalap akan bekerja keras menjaga kondisi bannya masing-masing.

“Saya percaya diri kami mampu meraih hasil baik di balapanan nanti, terutama setelah saya mampu bangkit dari kecelakaan dan mencetak waktu terbaik,” ujar Vettel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement