Kamis 05 May 2011 14:35 WIB

Di Istanbul Park, Tuah Pole Position tak Berlaku Bagi Red Bull

Rep: Ratna Puspita/ Red: Didi Purwadi
Dua pebalap Red Bull Racing, Sebastian Vettel (kanan) dan Mark Webber, bersalaman saat seri GP China.
Foto: AP/Andy Wong
Dua pebalap Red Bull Racing, Sebastian Vettel (kanan) dan Mark Webber, bersalaman saat seri GP China.

REPUBLIKA.CO.ID,ISTANBUL - Balapan Formula Satu seri GP Turki setiap tahun selalu menunjukkan kemiripan. Sejak dihelat pada 2005 silam, empat lomba pertama GP Turki selalu dimenangkan oleh pembalap yang start dari posisi terdepan alias pole position.

Dua dari balapan GP Turki sudah menghasilkan finis satu-dua pembalap dari tim yang sama, yaitu Ferrari pada 2007 dan McLaren pada 2010. Sedangkan, Felipe Massa dari Ferrari punya catatan terbaik di Istanbul Park dengan tiga kemenangan beruntun (2006-2008).

Namun sayangnya, tuah pole position GP Turki itu berlaku bagi Red Bull dalam dua musim terakhir. 'Rumus' itu tidak berlaku untuk Red Bull. Pole position pada dua balapan terakhir di Turki belum berhasil mengantar Red Bull meraih kemenangan.

Pada 2009, Sebastian Vettel yang menempati pole position dikalahkan Jenson Button yang ketika itu masih memperkuat Brawn. Sedangkan, tahun lalu Mark Webber hanya finis ketiga.

Kini, Red Bull menghadapi balapan Turki dengan kondisi bagus. Selain berstatus sebagai juara bertahan, Red Bull juga mengantongi kemenangan pada dua balapan pertama di Australia dan Malaysia.

Red Bull yang memuncaki klasemen sementara dengan 105 angka ini membidik kemenangan pertama pada seri yang memulai musim balapan di Eropa itu. "Sirkuit ini menghadirkan tantangan, khususnya Tikungan Delapan. Tim kami tak sabar untuk kembali beraksi di sini," ujar bos Red Bull Racing, Christian Horner.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement