Sabtu 23 Apr 2011 23:50 WIB

Pemkot Medan: Sebelum Ramadhan, Penertiban Ternak Babi Tuntas

Rep: Nian Poloan/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN - Pemerintah Kota Medan menargetkan upaya penertiban peternakan babi di daerah itu tuntas menjelang bulan puasa Ramadhan 1432 Hijriah. Demi mewujudkan itu, pemkot Medat terus melakukan penertiban hingga masalah pelanggaran berternak di dalam kota ini tuntas.

“Penertiban peternakan hewan berkaki empat, termasuk babi, ditargetkan dapat diselesaikan menjelang bulan suci Ramadhan,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan, Wahid di Medan, Sabtu (23/4).

Upaya penertiban yang telah dilakukan dan sempat tertunda, menurut dia, kembali akan dilanjutkan. Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Medan telah berupaya menertibkan peternakan babi di sejumlah kawasan, dan terakhir dilakukan pekan lalu di tiga kelurahan di Kecamatan Medan Deli, masing-masing Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kota Bangun dan Kelurahan Martubung.

Rencana penertiban terhadap peternakan yang keberadaannya mengganggu lingkungan tersebut telah disosialisasikan sejak lama, namun tidak berhasil. Pasalnya penertiban itu menuai perlawanan dari peternak

Kebijakan itu dikerluarkan pemkot, menyusul keberatan masyarakat muslim terhadap keberadaan ternak babi yang sangat mengganggu. Selain mengeluarkan bau yang tidak sedap, kotoran berupa limbah cair dan padat yang dikeluarkannya juga mencemari lingkungan karena tidak diolah tuntas.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement