Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

2015, Seluruh Penduduk Indonesia Gunakan Minyak Goreng Kemasan

Kamis 14 Apr 2011 18:23 WIB

Rep: Ichsan Emrald Alamsy/ Red: Johar Arif

Pasar murah minyak goreng kemasan

Pasar murah minyak goreng kemasan

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Kementerian Perdagangan menargetkan transformasi penggunaan minyak goreng curah ke kemasan oleh seluruh rakyat Indonesia selesai tahun 2015. Menurut Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, ini termasuk program ketahanan pangan. ‘’Ini bagian dari perbaikan kualitas pangan (higienitas),’’ ucapnya

Sekitar 70 persen masyarakat Indonesia kini menggunakan minyak goreng curah. Ia mengatakan pemerintah mendorong transformasi tersebut melalui Standar Nasional Indonesia yang mencakup segi pengemasan.

Kemudian, pemerintah juga mendorong melalui penerbitan PPN Ditanggung Pemerintah (PPN-DTP), bagi produsen minyak yang ingin memproduksi minyak goreng kemasan ‘Minyakita’. ‘’Saat memasarkan harusnya terkena PPN, akan tetapi itu ditanggung pemerintah,’’ ucapnya.

Langkah lainnya, pemerintah akan melaksankan pasar murah Minyakita di beberapa wilayah. ‘’Kita juga membuat MOU menuju minyak goreng kemasan sederhana dalam 4 tahun, antara pemerintah dan produsen yang mendukung Minyakita,’’ ucapnya.

Minyakita akan diproduksi bukan hanya dalam kemasan liter, akan tetapi juga 10 mililiter untuk konsumen warung-warung di tiap desa.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Gunaryo, menambahkan tahun 2012 ditargetkan penambahan 25-30 persen penduduk Indonesia yang menggunakan minyak kemasan. Artinya, tahun 2012 sudah 50 persen penduduk Indonesia menggunakan minyak kemasan.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA