Selasa 05 Apr 2011 21:32 WIB

Dana Sosial Pemkab Bangka Tinggal Rp 50 Ribu

REPUBLIKA.CO.ID,SUNGAILIAT--Alokasi dana bantuan sosial dari APBD Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, tahun 2011 hingga April 2011 hanya tersisa Rp50 ribu. "Dari anggaran tersedia Rp500 juta, semua sudah disalurkan langsung kepada masyarakat baik kepada korban bencana puting beliung sampai bantuan transportasi dan konsumsi pendamping pasien ke Jakarta dan saat ini tersisa Rp50 ribu," kata Sekretaris Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Bangka, Ery Gusnawan di Sungailiat, Selasa.

Besaran dana bantuan yang disalurkan mencapai Rp1 juta sampai dengan Rp50 juta atau disesuaikan dengan kebutuhan. "Berdasarkan data yang ada, total penerima bantuan sosial tersebut sebanyak 34 dengan rincian 19 prorangan dan 15 yayasan atau kelompok," katanya.

Sedangkan surat permohonan dari masyarakat yang mengusulkan bantuan, kata Ery mencapai 75 proposal dan diperkirakan sampai akhir April bisa mencapai lebih kurang 100 proposal. "Kami akan mengusulan penambahan dana sosial melalui APBD pada pertengahan tahun atau pada Anggaran Belaja Tambahan (ABT), dengan jumlah yang belum dapat dirinci," jelasnya.

Dana sosial langsung kepada masyarakat yang dialokasikan Pemkab Bangka pada 2011 lebih kecil dibandingkan dana sosial 2010 yang mencapai lebih kurang Rp1 miliar. Sementara untuk dana hibah dan sosial yang tidak diperuntukan lanjut Ery, dialokasikan mencapai sekitar Rp7 miliar. "Dana tersebut sebagian sudah dipergunakan dan sebagai masih tersimpan karena kegiatan belum berjalan," ujarnya.

Menurutnya, dana hibah dan sosial yang tidak diperuntukan akan dipergunakan bantuan subsidi listrik bagi masyarakat di Kecamatan Belinyu, pembangunan jalan yang dikerjakan oleh TNI serta kegiatan lain yang direncanakan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement