Kamis 24 Mar 2011 15:59 WIB

Wih... Ratusan Murid SD di Aceh Kampanyekan 'Global Warming'

REPUBLIKA.CO.ID, ACEH BESAR - Ratusan murid sekolah dasar (SD) di Kabupaten Aceh Besar mengampanyekan isu pemanasan global dan perubahan iklim di sekitar sekolah mereka, Kamis (24/3). Kegiatan tersebut melibatkan 360 murid dari lima SD di Kemukiman Cot Keueng, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, dilakukan dengan jalan menanam berbagai jenis pohon di sepanjang aliran sungai yang tidak jauh dari sekolah mereka.

Kampanye peduli lingkungan tersebut difasilitasi Muslim Aid, lembaga kemanusiaan yang bermarkas di London, Inggris. Selain penanam pohon, mereka juga membagi brosur ancaman kerusakan hutan kepada masyarakat setempat.

Country Director Muslim Aid M Mahfuzur Rahman mengatakan, kampanye ini juga rangkaian kegiatan hari air se-dunia yang diperingati pada 22 Maret setiap tahun. "Kami juga khawatir pemanasan global dan perubahan iklim membuat air bersih di bumi semakin berkurang. Hal ini terjadi akibat banyak hutan yang tandus," katanya.

Menurut dia, kampanye dengan melibatkan anak sekolah agar mereka nantinya berperan aktif membangun kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan hidup. Ia mengatakan, kampanye tersebut merupakan titik awal membangun kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sejak dini.

Kampanye ini rencananya akan dilakukan setiap tahun. "Kampanye ini juga mengajarkan kepada mereka bagaimana menjaga sumber-sumber air bersih, sehingga kemungkinan kekurangan air di masa mendatang bisa dicegah sejak dini," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement