Kamis 08 Oct 2015 13:00 WIB

Menikmati Teknologi di Microsoft TechDays 2015

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,Menikmati Teknologi di Microsoft TechDays 2015

Windows 10 adalah platform yang bisa digunakan semua perangkat, termasuk yang bersistem operasi iOs, Android, dan Linux.

Sejak meluncurkan Windows 10 akhir Juli lalu, Microsoft terus menghadirkan berbagai teknologi terbaru yang bisa dinikmati para penguna gawai di seluruh dunia. Pada Selasa (6/10) secara online, Microsoft memperkenalkan berbagai perangkat terbaru mereka yang akan menggunakan sistem operasi Windows 10.

Di Jakarta, Rabu (7/10), Microsoft juga menggelar TechDays 2015 yang memaparkan berbagai teknologi terbaru yang akan segera dihadirkan oleh perusahaan milik Bill Gates ini. "Saat ini, teknologi hadir dengan mengutamakan mobilitas dan fungsi esensial dari komputasi awan," ujar President Director Microsoft Indonesia, Andreas Diantoro. 

Kehadiran Windows 10, lanjut Andreas, sekaligus menandai tonggak bersejarah bagi Microsoft karena sistem operasi yang satu ini akan bisa digunakan di semua platform. Tak hanya Windows, pengguna iOs, Android, dan Linux pun bisa terhubung dengan perangkat bersistem operasi Windows 10.

Menurutnya, komputasi awan yang saat ini semakin banyak dibutuhkan juga memainkan peranan penting dalam teknologi pada masa kini dan mendatang. "Saat ini, komputasi awan tak hanya dimanfaatkan untuk menyimpan data, tapi juga dituntut memiliki kecerdasan tinggi sebagai machine learning sekaligus analisis data," ungkap Andreas. N 

Berbagai kebutuhan akan teknologi tersebut pun dijawab Microsoft dengan berbagai perangkat yang akan segera diperkenalkan di pasar. Di antaranya: 

***

1.    Lumia 950 dan 950 XL

Menurut Developer Experience and Evangelism Director Microsoft Indonesia Anthonius Henricus, dua ponsel terbaru dari Microsoft ini merupakan flagship phones atau perangkat andalan dari Windows 10.

"Kedua smartphone ini memiliki kemampuan memberikan koneksi suara terbaik yang pernah ada dan memiliki fitur fast charging yang akan sangat menghemat waktu pengisian," ujar Anthonius menjelaskan.

Selain itu, dari fitur kamera, kedua ponsel ini dipersenjatai dengan kamera belakang beresolusi 20 MP dengan tiga LED Flash. Untuk kamera depan, Lumia 950 dan 950 XL memiliki resolusi 5 MP wide angle. Indonesia menjadi negara pertama di dunia, di luar Amerika Serikat, yang berkesempatan mengenal kedua produk ini dalam TechDays 2015. 

2.    Windows Hello Beta

Salah satu inovasi baru yang diperkenalkan Microsoft melalui Windows 10 adalah adanya Windows Hello. Windows Hello adalah fitur pengenalan wajah yang dapat digunakan oleh pengguna Lumia 950 dan 950 XL untuk membuka kunci smartphone melalui retina mata. 

Dalam waktu dekat, berbagai perangkat Windows 10 akan dilengkapi pula oleh kamera infra red yang akan semakin menunjang perlindungan di Windows Hello ini. Dengan kamera infra red, perangkat Windows 10 tidak akan bisa dibuka meski menggunakan foto dari si pemilik perangkat.

3.    Winky

Pada perangkat Windows 10, terdapat fitur Winky yang berupa ikon menyerupai mata yang berkedip-kedip. Kehadiran fitur ini berfungsi untuk mengenali ciri-ciri dari pemilik perangkat Windows 10. 

Dengan begitu, berbagai perangkat Windows 10 benar-benar tak bisa dibuka oleh orang lain, selain si pemilik perangkatnya sendiri.

4.    Cortana

Bagi sebagian pengguna Windows, nama Cortana pasti sudah tak asing lagi. Di Windows 10, Cortana juga hadir sebagai asisten pribadi virtual setiap pengguna yang dapat membantu kita melakukan berbagai hal. 

"Cortana dapat menjawab sekitar satu miliar pertanyaan," ujar Developer Experience and Evangelism Director Microsoft Indonesia Anthonius Henricus. 

Tak hanya itu, Cortana juga dirancang untuk mempelajari kebiasaan dari tiap-tiap pengguna sehingga dapat semakin membantu setiap orang meningkatkan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari. 

5.    Microsoft Edge

Di Windows 10, Microsoft memperkenalkan browser terbarunya, Microsoft Edge. Berbeda dengan browser yang telah ada sebelumnya, browser ini bisa dicoret-coret atau ditambahkan berbagai catatan untuk melengkapi berbagai keperluan pengguna.

Hasil dari berbagai catatan tersebut pun kemudian dapat dikirimkan ke e-mail. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement