Jumat 04 Jul 2014 16:00 WIB

Manisnya Bisnis Aplikasi Ramadhan

Red:

Bukan hanya tawaran berbelanja yang membanjir kala bulan Ramadhan datang.  Aplikasi digital pun banyak ditawarkan untuk membantu aktivitas ibadah umat Muslim.

"Kami hadirkan informasi terlengkap seputar Ramadan dan mudik dalam genggaman pelanggan. Dengan mudah pelanggan dapat mengakses informasi yang dibutuhkan selama Ramadan atau ketika perjalanan mudik kapan dan di mana pun berada," ujar Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief.

Informasi lainnya yang disodorkan aplikasi Telkomsel Siaga adalah menu produk digital yang berisi layanan operator pelat merah, seperti My Telkomsel, Telkomsel Ibadah, Langit Musik, dan Zone Seru. Ditambah lagi menu informasi seputar mudik.

Versi baru Telkomsel Siaga lebih ringkas karena tak perlu menggunakan kertas. Selain berusaha melayani pelanggannya, Telkomsel mengklaim berhasil memangkas dua miliar rupiah berkat penggunaan layanan berbasis aplikasi digital tersebut. Biaya itu sebelumnya dikeluarkan untuk mencetak peta mudik. "Kini kami tak perlu melakukannya lagi. Aplikasi Telkomsel Siaga juga lebih baik dan akurat," urai General Manager Corporate, Postpaid and Broadband Marketing Telkomsel Erik Noviantoro.

Pelanggan pun kian dimudahkan dalam berpuasa dan melakukan perjalanan mudik. Di dalamnya terdapat berbagai informasi yang dibutuhkan, terutama demi menunjang kegiatan mudik seperti lokasi bengkel, lokasi layanan publik, dan titik-titik layanan Telkomsel.

Asyiknya, peta mudik berbasis digital yang ada dalam aplikasi Telkomsel Siaga telah terintegrasi dengan layanan Google Maps. Sehingga, informasi lokasinya lebih interaktif dan akurat. Erik menjamin, aplikasi Telkomsel Siaga menjadi sebuah layanan terpadu yang membantu umat Muslim sepanjang Ramadhan hingga Lebaran.

Di dalamnya terdapat menu Ramadan, seperti jadwal imsakiyah, konten tausiyah, mutiara hadis, artikel puasa dan kesehatan, ensiklopedia Ramadhan, Ramadhan untuk Anak, dan layanan tanya-jawab mengenai puasa.

Selain itu, ada juga menu bengkel siaga dan peta mudik. Menu ini disiapkan untuk mengantisipasi pengguna Telkomsel yang berencana melakukan mudik ke kampung halamannya.

Dalam menu bengkel siaga, pengguna bakal menemukan lokasi bengkel-bengkel yang bersiaga selama arus mudik. Telkomsel menggandeng tujuh Agen Tunggal Pemegang Mudik (ATPM) yang terdiri atas Toyota, Hino, Honda, Mazda, Mitsubishi, Nissan, dan Isuzu demi memberikan lokasi bengkel yang akurat bagi penggunanya.

Sedangkan peta mudik berisikan peta sepanjang jalur mudik yang disertai titik-titik layanan Telkomsel dan layanan publik lainnya, seperti Telkomsel Hotspot, Grapari, outlet, posko siaga, mini market, SPBU, ATM, masjid, rest area, rumah makan, hingga tempat wisata. Menu bengkel siaga dan peta mudik, keduanya terintegrasi dengan layanan peta Google Maps sehingga dipastikan akurat.

Aplikasi shalat dan Alquran

Operator seluler lain juga tak mau kalah. Chief Executive Officer (CEO) Indosat Alexander Rusli mengakui, perusahaannya selalu menyediakan aplikasi serta program khusus di bulan Ramadhan. Berbagai program baru termasuk untuk voice, SMS, data, hingga value added service (VAS) dirilis untuk mendukung aktivitas pelanggan selama Ramadhan.

"Tahun ini kami mendesain program yang berbeda dengan lebih condong ke media sosial. Layanan-layanan ini juga hadir lebih sederhana dibandingkan tahun lalu," kata Alex.

Khusus aplikasi VAS Ramadhan, Indosat menyediakan layanan berisi Aplikasi Tuntunan Shalat dan Baca Alquran untuk perangkat iOS dan Android. Serta aplikasi video berisi pengetahuan Islami. Untuk menikmati semua layanan ini pelanggan dikenai tarif mulai Rp 2 ribu- Rp 50 ribu.

Mengikuti tren tadi, bonus aplikasi disematkan XL di kartu perdana terbarunya, Berkah Ramadhan. Di antaranya Aplikasi Musik (Guvera), Gudang Aplikasi, dan MuslimKu. Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi berharap, tambahan aplikasi ini menambah sekitar enam juta pelanggan baru sekaligus memfasilitasi penggunanya untuk belajar tentang keislaman maupun menemani kala mudik.

Menjelajah Google Play Store saat Ramadhan, tampak kemunculan aplikasi Ramadhan gratisan mendominasi. Aplikasi Jadwal Imsakiyah 2014 banyak diunduh, salah satunya bernama eL Ramadhan : Imsakiyah, dan Puasa. Pengguna ponsel Android bisa mengetahui kisaran waktu atau jadwal Maghrib dan imsak sesuai zona waktu masing-masing.

Di dalamnya ada juga jadwal shalat Ramadhan (Prayer Times), Alquran (juz Amma), arah kiblat (Qibla Locator), masjid terdekat (nearest mosque), zakat, bazar Idul Fitri.

Aplikasi lainnya, Resala Ramadhan menyorot poin-poin khusus mengenai Ramadhan dan menginformasikan mengenai hal-hal yang halal dan dilarang selama bulan suci. Aplikasi yang hadir dalam bahasa Inggris, Arab, dan Indonesia ini dirancang bagi perangkat berplatform iOS dan Android.

 

Buat pelaku diet yang ingin berpuasa sehat tersedia aplikasi Ramadhan Diet. Aplikasi baru ini membantu mengikuti program menurunkan atau menjaga berat badan selama Ramadhan. Dihadirkan pula satu set cara berolahraga untuk menjaga agar tetap fit dan mampu menunaikan ibadah puasa.rep:indah wulandari  ed:khoirul azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement