Jumat 26 Sep 2014 18:30 WIB

Boikot (Hanya) Sebuah Pilihan

Red:

Oleh: Siwi Tri Puji b -- Boikot memiliki sejarah panjang dan kerap berkontribusi terhadap perubahan sosial yang progresif, selain berhasil dalam tujuan lebih langsung yang diharapkan. Salah satu contoh sukses dalam sejarah boikot adalah apa yang terjadi di Inggris terhadap gula yang diproduksi oleh budak. Pada 1791, setelah Parlemen menolak untuk menghapus perbudakan, ribuan pamflet mulai disebarkan untuk mendorong boikot.

Cara ini efektif. Rakyat dari semua kalangan mendukungnya dan membuat para pengambil kebijakan memikirkan ulang strategi mereka. Pasalnya, penjualan gula turun drastis, dari sepertiga hingga kemudian setengahnya.

Hal kontras terjadi di India, dimana produksi gula yang tak ternoda oleh perbudakan, naik sepuluh kali lipat dalam dua tahun. Toko-toko kelontong pun memulai sebuah gerakan perdagangan yang adil, yaitu hanya menjual gula yang dijamin diproduksi oleh ‘orang bebas’.

Dalam sejarah modern, boikot kerap menjadi kekuatan lain untuk melakukan perubahan. Lihat saja yang terjadi pada 2000 ketika Rainforest Action Network (RAN) akhirnya bersepakat dengan Mit su bishi untuk menghentikan seruan boikot. Sebelumnya, organisasi nirlaba ini aktif menyerukan boikot atas perusahaan multinasional itu, terutama untuk dua anak perusahaan mereka, Mitsubishi Motors dan Mitsubishi Electric. Isu tak menjaga kelestarian alam menjadi alasannya.

Puncaknya, ketika induk perusahaan itu terlibat dalam proyek mengekstrak garam di Meksiko yang berada di situs warisan dunia UNESCO. Aktivitas ini mengancam kelestarian paus dan spesies langka lainnya di perairan Meksiko. Kampanye bertajuk ‘Mitsubishi: Don’t Buy It’ diluncurkan di lebih dari 40 kota di Amerika Serikat. Sebanyak 700 ribu surat dilayangkan ke perusahaan itu. "Ini telah menjadi pertarungan yang sulit selama lima tahun dengan salah satu perusahaan terkaya di dunia dan pemerintah Meksiko," kata Homero Aridjis, salah satu pimpinan kampanye.

Penjualan Mitsubishi dikabarkan me lorot tajam di AS akibat kampanye ini. Kesepakatan dibuat setelah mereka menandatangani perjanjian dengan RAN un tuk membuat perubahan penting terhadap kebijakan kayu dan pembelian kertas mereka, dan meningkatkan manajemen lingkungan mereka. Secara mengejutkan pula, Mitsubihi menarik diri dari proyek industri garam di Meksiko.

Boikot, divestasi, dan sanksi

Gerakan boikot produk Israel lahir setelah belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Munculnya gerakan boi kot, divestasi, dan sanksi — dikenal sebagai BDS Movement — dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Pada intinya, bagai manapun, gerakan ini kahir sebagai res pon terhadap panggilan oleh Palestina kepada masyarakat internasional untuk membantu pengakhiri penindasan Israel.

Di Barat, BDS Movement ini meng ikuti garis yang jelas, yaitu tidak anti-Se mit, tidak bekerja melawan Israel te tapi melawan kebijakan pemerintah Israel, dan sebagai penunjang sah cara tanpa kekerasan dimana warga sipil Palestina dapat memperoleh kembali hak-hak dan kebebasannya. Di samping solidaritas dengan Palestina, kekuatan pendorong di be lakang gerakan BDS Israel telah menjadi kesadaran bahwa pendudukan atas wilayah Palestina adalah tindak kriminal dan penindasan rakyat Palestina, seperti yang dilakukan oleh pemerintah Israel, tidak akan diatasi tanpa tekanan internasional yang signifikan.

Panggilan BDS pertama justru muncul di Israel yang digagas selama intifadah pertama, pada bulan Februari 1988. Kampanye dimulai dengan seruan terha dap warga Israel untuk tidak membeli pro duk yang dibuat di permukiman Ya hudi di wilayah pendudukan, termasuk Dataran Tinggi Golan.

Kampanye ini mencakup penyebaran daftar produk yang dihasilkan di permukiman ilegal. Selain disebar pada penduduk lokal, juga didistribusikan di an tara misi asing di Yerusalem Timur. Pada bulan Maret 1988, sebuah kelompok yang disebut The 21st Year menerbitkan sebuah manivest perjuangan melawan pendudukan dimana anggotanya me nyatakan penolakan mereka untuk "bekerja sama dengan pendudukan dan berjanji untuk melakukan sebagian atau semua hal berikut: (1) tidak pernah masuk ke wilayah-wilayah pendudukan tanpa undangan dari penduduk Arab di wilayah itu, (2) tidak membiarkan anak-anak mereka untuk terkena bias rasis dari sistem sekolah, (3) memboikot institusi dan produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang tak memperlakukan buruh warga Palestina secara manusiawi, (4) memboikot produk hasil permukiman ilegal, (5) menolak tindakan represif.

Pada September 1997, Gush Shalom, organisasi Israel pendukung perdamaian Israel-Palestina meluncurkan seruan untuk meminta Israel serta Amerika Serikat, negara-negara Eropa, dan lain-lain yang memiliki perjanjian perdagangan dengan Israel untuk memboikot produk-produk dari pemukiman Yahudi di wilayah Palestina yang diduduki. Mereka menyodorkan daftar dalam bahasa Ibrani, Arab, dan Inggris berisi produk yang dihasilkan di pemukiman.

Langkah Gush Shalom mulai terdengar di dunia internasional ketika kemudian pecah gerakan intifadah kedua dikenal sebagai Intifada Al Aqsha, pada bulan September 2000. Seruan boikot produk israel mulai mengemuka di sejumlah negara. Pa da bulan April 2001, 35 warga Israel me nerbitkan sebuah panggilan untuk mem boikot Israel. Mereka adalah warga Is rael dan Yahudi yang tinggal di berbagai negara yang keluarganya telah menjadi korban dari rasisme dan genosida di masa lalu, dan yang merasa mereka tidak dapat tinggal diam. Mereka menyerukan warga Israel untuk memulai boikot pribadi, sebelum mengajak orang-orang disekitar nya. Selain itu, mereka yang sebagian be sar berasal dari kalangan akademisi dan seni mengatur kegiatan untuk menekan pe merintah masing-masing untuk memotong hubungan ekonomi dan komersial dengan Israel dan untuk membatalkan perjanjian ekonomi preferensial dengan Israel.

The 21st Year Tahun 2002, bagaimanapun, mungkin harus dipilih sebagai titik ba lik dipicu oleh skala besar serangan ten tara Israel di kota, kota, desa, dan kamp-kamp pengungsi di Tepi Barat pada akhir Maret (berjudul Operation Defen sive Shield tetapi sering disebut sebagai the Jenin Pembantaian). Serangan ganas ini menimbulkan gelombang protes di du nia Arab, Eropa, Amerika Serikat, dan se terusnya. Pada tahap ini, itu tampak se perti warga dunia, termasuk yang ditampung di menara gading mereka, tidak bisa lagi menjadi acuh tak acuh terhadap penderitaan rakyat Palestina. "Akade misi, seniman, dan cendekiawan meluncurkan sejumlah inisiatif, di antaranya gerakan untuk mengisolasi Israel di arena internasional melalui moratorium, boikot, dan kampanye divestasi" [9] Serangan ganas. Dikombinasikan dengan pembangunan Tembok Apartheid di Juli, yang ternyata Tepi Barat ke dalam bantustans, dipenga ruhi beberapa perubahan antara Israel.

Se cara keseluruhan, semakin banyak aktivis memprotes pendudukan, dan beberapa juga menyuarakan dukungan boikot dan divestasi kampanye tersebut. Pada bulan Maret 2002, penulis femi nis Israel, Rela Mazali, menuliskan seruan untuk menyatakan "tidak" terhadap upaya mempersenjatai militer Israel de ngan dolar yang mereka keluarkan. Se ruannya untuk menangguhkan bantuan militer kepada Israel mendapat dukungan penuh dari para anggota organisasi feminis New Profile.

Sebulan kemudian, panggilan untuk moratorium dukungan Uni Eropa dan European Science Foundation terhadap Israel diluncurkan. Seruan itu diprakarsai oleh Profesor Steven Rose, seorang fisika wan, dan Profesor Hilary Rose dari Uni versitas Bradford dan didukung oleh 120 akademisi dari berbagai negara. Seruan itu memiliki efek langsung, ditindaklanjuti oleh keputusan bulat organisasi bagi para dosen dan guru dalam pendidikan tinggi di Inggris untuk menyerukan boi kot aka demis. "Keputusan ini me min ta semua lem baga pendidikan tinggi Inggris untuk menimbang dengan tujuan me mutuskan hubungan akademik masa de pan dengan Israel. Ini menegaskan bahwa hubungan tersebut harus dilanjutkan ha nya setelah penarikan penuh semua pa sukan Israel, negosiasi untuk melaksanakan resolusi PBB, dan janji memberikan akses terhadap kepada institusi pendidikan tinggi," de mikian pernyataan mereka.

Pada bulan yang sama, sebuah petisi boikot seni diluncurkan juga, menye rukan, "Semua artis yang berhati nurani di seluruh dunia untuk membatalkan se mua pameran dan acara budaya lain nya yang dijadwalkan dilangsungkan di Israel. Lebih dari 180 seniman dari Australia, Austria, Belgia, Kanada, Mesir, Prancis, Jerman, India, Irlandia, Italia, Belanda, Norwegia, Palestina, Swedia, Swiss, Inggris dan Amerika Serikat, dan Israel sendiri menandatanganinya.

Warga Palestina bergabung

Terinspirasi oleh gerakan perla wanan di Afrika Selatan, organisasi Anar chists Against the Wall (AATW) di dirikan pada tahun 2003. Istilah apar theid Israel kian gencar dikumandang kan. Organisasi ini didirikan oleh war ga Palestika. AATW bekerja sama de ngan rakyat Palestina melawan pendu dukan. Banyak dari anggotanya kemudian akan membentuk organisasi lain yang sama-sama me ng usung pesan boikot.

Pada bulan Mei 2003, akademisi Dr Ilan Pappe menyerukan divestasi, boi kot, dan kampanye anti-Apartheid terhadap Israel. Namun mengekspresikan pan dang annya tentang analogi dengan kasus Afrika Selatan, ia menyatakan, "Sulit untuk membandingkan sistem apartheid Israel dengan yang ada di Afrika Selatan ... kondisi di Palestina jauh lebih buruk daripada Afrika Selatan."

Seruan Palestina terhadap Israel mempengaruhi gerakan BDS di seluruh dunia. Panggilan ini adalah tonggak pen ting, mendorong dukungan lebih banyak di dunia internasional. Panggilan Palestina yang paling berpengaruh untuk BDS terhadap Israel muncul pada bulan Agus tus 2002 ketika sekelompok organisasi Palestina di Wilayah Pen du dukan Pales tina menyerukan boikot menyeluruh atas ekonomi, budaya, dan akademik Israel.

Bahkan, khusus di bidang akademis, seruan ini didukung dan dimobilisasi banyak akademisi di seluruh dunia, termasuk di Israel sendiri. Pada bulan Maret 2004, Surat Terbuka yang ditujukan ke pa da kepemimpinan akademik Israel di rilis kepada pers. Hampir 300 akade misi dari seluruh dunia menye rukan pemim pin universitas Israel untuk "meletakkan kartu politik mereka di atas meja dan me ngungkapkan apa kah mereka mendu kung kebijakan pemerintah pada konflik terkait batas wilayah Israel-Palestina."

Pada tahun 2006, dua serikat dosen Ing gris, National Association of Tea chers in Further dan Higher Education and the Association of University Tea chers, memutuskan untuk mendukung boikot akademis terhadap Israel. Langkah yang sama diikuti banyak organisasi akademisi Eropa.

Pada tahun 2009, penyelenggara kompetisi desain tenaga surya internasional di Spanyol mengkecualikan tim dari Ariel University Center Israel. Alasannya, universitas itu terletak di Tepi Barat. "Spanyol bertindak sejalan dengan kebijakan Uni Eropa menentang pendudukan Israel di tanah Palestina," kata pernyataan panitia.

Namun, tak semua mendukung boikot akademis atas Israel. Norwegian University of Science and Technology menolak seruan boikot akademik atas Israel. Alasannya, kemampuan untuk bekerja sama dengan akademisi Israel, dan mendengar pandangan mereka tentang konflik, sangat penting untuk mempelajari penyebab konflik antara Israel dan Palestina dan bagaimana hal itu dapat diselesaikan.

Pada tahun 2007, hampir 300 presiden universitas di seluruh Amerika Serikat juga menandatangani pernyataan mengecam gerakan boikot. Na mun setelah Operasi Cast Lead pada tahun 2010, 15 profesor universitas Ame rika meluncurkan kampanye me nyerukan boikot akademis dan budaya Israel. Pada tahun 2010 Kampanye AS untuk Boikot Akademik dan Budaya Israel (USACBI) mengumumkan telah mengumpulkan 500 dukungan dari akademisi AS untuk boikot akademik dan budaya Israel. Para dukungan dipandang sebagai tanda perubahan sikap AS terhadap Israel menyusul serangan Israel pada armada bantuan kemanusiaan di Mediterania.

Pada Mei 2013, dalam apa yang dilihat sebagai perkembangan utama, fisikawan Stephen Hawking yang sebe lumnya bergabung dengan boikot aka demik menentang Israel membalikkan keputusannya untuk berpartisipasi da lam konferensi yang dihajat Presiden Israel, Shimon Peres, di Yerusalem. Sebuah pernyataan yang diterbitkan dari Komite Inggris untuk Universitas Palestina yang menggambarkan keputusannya sebagai independen.

Bagaimanapun, boikot hanya salah satu pilihan. Yang pasti, perjuangan rak yat Palestina untuk keluar dari penindasan Israel masih sangat panjang.

Buycott, Sang Pengendus

Boikot tak ada artinya jika ha nya slogan di atas kertas. Atau digelorakan sesaat, ketika mo men-momen tertentu saja. Inilah yang men dasari pengembang teknologi asal Ca lifornia, Amerika Serikat, Ivan Par do, meluncurkan aplikasi smartphone khusus untuk mendukung aksi boikot. Ia menamai aplikasinya dengan sebutan Buycott.

Melalui aplikasinya, mereka yang tengah berbelanja bisa langsung me ngecek apakan produk yang mereka beli terkait dengan Israel atau tidak. Ca ra nya, mereka hanya perlu mencocokkan kode bar produk itu dengan aplikasi yang bisa diunduh melalui pe rangkat iPhone atau ponsel Android.

Sebut misalnya produk tisu ker tas Brawny atau secangkir Dixie. Pembeli bisa dengan cepat melacak kepemilikan perusahaan dari kedua produk ini hingga berujung pada Koch Indus tries, perusahaan konglomesi yang dijalankan oleh industrialis Charles dan David Koch.

Hari ini, lebih dari setahun sejak aplikasi pertama diluncurkan, kampanye Buycott mengalami pertumbuhan tercepat. Aplikasi ini diminati pembeli untuk menghindari produk yang dianggap mendukung Israel, menyusul serangan Israel ke Gaza beberapa waktu lalu.

Seiring intensifnya serangan Is rael Agustus lalu, Buycott menerima lonjakan pengguna di AS. Apalagi keunggulan produk ini banyak di sebut-sebut oleh para anggota yang bergabung dengan kelompok di dunia maya seperti Avoid Israeli Settlement Products’ and ‘Long Live Palestine Boycott Israel.’

Ia mengakui, tiga pekan selama Agustus adalah masa panen yang luar biasa bagi aplikasinya. "Saya melihat sebuah lonjakan yang tak biasa," kata Pardo seperti dikutip Forbes. "Tahu-tahu Buycott menjadi 10 aplikasi teratas di Inggris dan Belanda, dan pertama di sejumlah negara Timur Tengah."

Padahal, ia menciptakan Buycott tak hanya untuk mendeteksi asal se buah produk. Buycott juga bisa digunakan untuk kampanye lain, yaitu me lacak produk hasil rekayasa genetika. Hanya dengan pemindaian sederhana, pembeli akan langsung melihat apa kah produk itu dibuat oleh salah satu dari 36 perusahaan yang me nyum bangkan lebih dari 150 ribu do lar AS untuk menentang pelabelan pro duk rekayasa genetika pada makanan.

Omong-omong soal grup di jeja ring sosial yang turut andil mempo pulerkan Buycott, hingga pertengahan Juli jumlah anggotanya hanya ra tusan saja. Kini, grup maya ini telah beranggotakan 220 ribu orang dari berbagai negara. Jauh di atas grup kampanye yang dibuat pengguna untuk memboikot Nestle atas pe langgaran hak asasi manusia yang hanya memiliki 57.000 anggota.

Kelompok Long Live Palestine Boycott Israel membuat daftar 49 perusahaan pro-Israel, termasuk Sabra, pembuat hummus terlaris di AS, dimiliki bersama oleh perusahaan Israel Strauss dan PepsiCo. Strauss pada 2013 meraup penda patan sebesar 2,3 miliar dolar AS.

Strauss telah menjadi subyek dari boikot di Amerika Serikat se belum nya. Pada tahun 2010, mahasiswa dari Prin ceton dan Universitas DePaul men desak kafetaria mereka untuk menghentikan penjualan pro duk me reka setelah Strauss terdaftar memberi dukungan keuangan untuk unit militer Brigade Golani Israel. Sempat tertulis di situsnya, kini halaman web yang menyebutnya sudah dihapus.

Perusahaan Israel lainnya yang ma suk dalam kampanye boikot ada lah SodaStream, alat yang me mung kinkan Anda untuk mengubah air ke ran menjadi cola. SodaStream te lah lama menghadapi kritik karena beroperasi dari Ma’aleh Adumim, sebuah kawasan industri dalam pemukiman di Tepi Barat.

Awal tahun ini aktris Scarlett Johansson dihujat atas perannya se bagai juru bicara merek itu. Kelom pok Oxfam itu mengkritik bintang untuk tampil dalam iklan Superbowl SodaStream, mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Oxfam menentang semua perdagangan dari permukiman Israel, yang ilegal berda sar kan hukum internasional." Jo han s son kemudian mengundurkan diri.

Perusahaan lain yang disebutsebut terkait Israel adalah Star bucks, kendati mereka bertahan dengan keyakinan tidak memiliki hubungan eksplisit dengan Israel. Dalam sebuah pernyataan di website-nya, perusahaan itu memperjelas posisinya tidak pernah memberikan dukungan keuangan kepada pemerintah Israel atau angkatan bersenjatanya.

Benar seperti yang ditulis Forbes, bahwa boikot di era melek ternologi informasi lebih ‘kena’ dari boikot di masa lalu. Namun seberapa efektif un tuk mencapai tujuannya, sejarah yang akan mencatatnya.

***

Boikot 2005-2013

* Pada Desember 2005, dewan daerah Sør- Trøndelag Norwegia meloloskan mosi menye rukan boikot komprehensif barang-barang Israel. Dewan bertindak sebagai akibat dari lobi para aktivis Norwegia, yang telah meluncurkan kampanye nasional "Boikot Israel" pada bulan Juni 2005

* Bulan Mei 2006,Canada Union of Public Employees wilayah Ontario menyetujui resolusi un tuk "mendukung kampanye internasional boi kot, divestasi dan sanksi terhadap Israel sampai negara yang mengakui hak Palestina untuk menentukan nasib sendiri" dan untuk memprotes pendirian tembok di Tepi Barat Israel

* United Church of Canada (UCC) Toronto mendukung boikot ini. Pada tahun 2003 mereka memutuskan untuk memboikot barang-barang yang diproduksi oleh pemukim Yahudi di wilayah-wilayah pendudukan.

* Dalam konferensi delegasi dua tahunan yang diselenggarakan pada bulan Mei 2008 IMPACT (Irish Municipal, Public and Civil Trade Union), asosiasi serikat pekerja pelayanan publik terbesar di Irlandia, melewati dua resolusi mengkritik penindasan Israel atas Palestina dan mendukung boikot barang dan jasa Israel. Gerakan juga didukung divestasi dari orang-orang yang terlibat dalam perusahaan atau keuntungan dari pendudukan Tepi Barat dan Gaza.

* Pada bulan November 2008, Inggris memulai langkah-langkah untuk memberi label produk yang dihasilkan di permukiman Israel. Inggris menengarai beberapa perusahaan Israel melakuan penipuan: label mereka menunjukkan bahwa barang mereka memproduksi di Israel, tetapi pabrik mereka yang sebenarnya berada di wilayah pendudukan.

* Pada bulan Februari 2009, pemerintah Belgia me mutuskan untuk menghentikan ekspor senjata ke Israel yang akan meningkatkan ke mampuan militernya. Menteri Perdagangan Patricia Ceysens mengatakan keputusan me ngikuti diskusi kabinet mengenai tindakan Israel di Gaza. Menteri Luar Negeri Belgia Karel De Gucht menambahkan bahwa "mengingat ke adaan saat ini, senjata tidak dapat dikirim dari Belgia ke Israel."

* Pada bulan September 2009, Inggris Trade Union Congress (TUC) mendukung inisiatif untuk memboikot produk yang berasal dari wilayah-wilayah yang diduduki Israel. Pada bulan Oktober 2009, Serikat Mahasiswa University of Sussex menjadi kelompk mahasiswa pertama di Inggris yang memboikot barang-barang Israel.

* Pada bulan Februari 2009, pekerja dermaga di Afrika Selatan menolak untuk membongkar kapal Israel sebagai sebagai bagian dari penolakan untuk mendukung penindasan dan ek sploitasi. Kongres Serikat Buruh Afrika Selatan, COSATU, mempersandingkan Israel sebagai "diktator dan menindas" dengan negara-negara seperti Zimbabwe dan Swaziland.

* Pada bulan November 2009, Otoritas Palestina mulai mendorong boikot jaringan supermarket di Tepi Barat yang men jual produk dari pemukiman Israel. Me nurut pihak berwenang Palestina, konsumen tidak me nyadari bahwa beberapa produk yang dijual di outlet tersebut diproduksi di pemukiman Israel

* Sebagai respon terhadap serangan Israel dari kapal ke Jalur Gaza, pekerja pelabuhan Swedia memutuskan untuk menolak memproses kapal Israel untuk jangka waktu satu minggu pada bulan Juni 2010. Boikot serupa dalam menanggapi serangan Israel diluncurkan oleh pekerja pelabuhan di Norwegia dan California.

* Pada bulan Juni 2010, Gereja Methodist Inggris memutuskan untuk mulai memboikot produkproduk yang berasal dari permukiman Israel, menjadi denominasi Kristen utama di Inggris pertama yang secara resmi mengadopsi kebijakan tersebut.

* Pada bulan Juli 2010, dua toko milik jaringan Olympia di Negara Bagian Washington memutuskan untuk berhenti menjual produk dari Israel di dua toko tersebut. Namun, "setiap produk yang dibuat untuk memperbaiki kondisi rakyat Palestina akan dibebaskan."

* Di Inggris, produk kosmetik Ahava memicu kontroversi karena mereka diproduksi di permukiman Mitzpe Shalem yang terletak di Laut Mati di Tepi Barat. Peritel menarik produk Ahava ini pada bulan Desember 2001 setelah kampanye boikot yang diluncurkan oleh kelompok-kelompok pro-Palestina, tetapi dipulihkan mereka beberapa minggu kemudian. Toko Ahava di jalan utama West End London ditutup pada September 2011 setelah protes konstan oleh aktivis pro-Palestina. Pemilik toko di sekitarnya mengeluhkan kepada pemilik bahwa protes berulang mempengaruhi bisnis mereka.

* Pada bulan Februari 2012, sebuah toko di kota Vancouver diboikot karena kedapatan menjual produk-produk Israel

* Pada bulan Agustus 2012, Dewan Umum Gereja Inggris dan Kanada menyetujui rekomendasi untuk memboikot produk dari permukiman Israel yang terletak di dalam wilayah Palestina yang diduduki.

* Pada Juni 2013, serikat buruh GMB Inggris memutuskan untuk melarang anggotanya mengunjungi Israel dan wilayah Palestina pada acara yang diselenggarakan oleh Serikat Buruh Friends of Israel (TUFI). Seorang juru bicara GMB mengatakan serikat tidak ingin berhubungan dengan organisasi yang melawan boikot perdagangan dengan pemukiman ilegal di wilayah pendudukan.

* Pada bulan Juli 2013, Uni Eropa memberlakukan keputusan melarang negara anggota Uni Eropa untuk bekerja sama dengan atau mentransfer dana atau pemberian beasiswa dan hibah penelitian untuk organisasi di Tepi Barat, Yerusalem Timur, dan Dataran Tinggi Golan.

* Pada Juli 2013, dua jaringan supermarket terbesar di Belanda menarik semua produk yang diproduksi di pemukiman Israel. Barang-barang itu sebelumnya hanya dilabel sebagai "Made in Israel".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement