Selasa 19 Jan 2016 13:48 WIB

LIPI Temukan Dua Jenis Begonia Baru di Sumut

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Salah satu spesies begonia
Salah satu spesies begonia

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan dua spesies tanaman begonia baru di Taman Nasional (TN) Gunung Leuser, Sumatra Utara. Kedua jenis tanaman endemik itu diberi nama Begonia olivacea ardi dan Begonia simolapensis ardi.

Gunung Leuser merupakan situs warisan dunia yang menyimpan kekayaan flora dan fauna. Sebelum menemukan dua jenis baru ini, dua jenis sebelumnya yang pernah ditemukan adalah Begonia Olivacea Ardi dan Begonia Simolapensis Ardi. "Kedua jenis baru ini tumbuh berkelompok dan berdekatan dengan batuan-batuan karst di lokasi," kata peneliti Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI, Wisnu H Ardi, Selasa (19/1).

Begonia olivacea memiliki  perawakan kecil, bunga betina memiliki dua  tenda bunga, dan berambut jarang pada tangkai daun. Daun yang dimiliki tanaman ini berwarna hijau kusam, bentuk daun membuat agak asimetris serta permukaan daunnya rata.

Karakter morfologi yang dimiliki Begonia olivacea sangat unik dan berbeda dengan spesies terdekatnya, yaitu Begonia nurii dari Klantan, Malaysia dan Begonia droopiae dari Sumatera Barat. Penemuan jenis baru ini adalah hasil kerjasama eksplorasi antara Royal Botanic Gardens Edinburgh, Inggris dengan PKT Kebun Raya Bogor sejak 2011.

Begonia simolapensis memiliki kemiripan dengan Begonia olivacea. Perbedaan yang mencolok dari kedua jenis ini, yakni perawakan dan ukuran daunnya yang lebih besar, warna daun hijau mengkilat serta tangkai daun yang lebih panjang dan berambut lebat.

Flora jenis ini tumbuh di bebatuan karst pada ketinggian 250-600 mdpl yang tersebar di Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam. Kedua tanamanya ini memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi tanaman hias.

Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas menambahkan the International Union for Conservation of Nature (IUCN) mengategorikan spesies ini ke dalam risiko rendah (Least Concern). Status tanaman Begonia olivacea dan Begonia simolapensis tidak termasuk jenis tanaman yang terancam punah atau mendekati kepunahan.

"Tim peneliti sebelumnya juga telah menemukan 13 jenis tanaman Begonia lainnya dari berbagai provinsi di Indonesia," kata Nur.

Penemuan jenis baru Begonia ini telah dipublikasikan dalam bentuk makalah yang telah diterbitkan di European Journal of Taxonomy pada Desember 2015. Ini merupakan kolaborasi penelitian antara peneliti LIPI, Deden Girmansyah dengan peneliti Royal Botanic Gardens Edinburg, Mark Hudges.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement