Selasa 15 Jul 2014 12:00 WIB

Sepatu Emas Milik Rodriguez

Red:

BRASILIA -- Perhelatan ajang Piala Dunia telah usai. Jerman sudah menahbiskan diri sebagai yang terhebat di dunia. Der Panzer harus menunggu hingga menit ke-113 untuk menciptakan gol kemenangan dan menyudahi perlawanan Argentina.

Sayang, dalam laga final yang dihelat di Stadion Maracana, Senin (14/7) dini hari WIB itu, gelandang serang Jerman Thomas Mueller tidak mampu menciptakan gol. Padahal, pemain Bayern Muenchen ini menjadi kandidat kuat mempertahankan prestasinya di Piala Dunia 2010 sebagai pencetak gol terbanyak karena hanya membutuhkan tambahan satu gol saja.

Sepatu emas pun akhirnya jatuh kepada talenta muda asal Kolombia, James Rodriguez. Seperti dilansir laman resmi FIFA, Rodriguez menjadi pencetak gol terbanyak dengan mengoleksi enam gol dan dua assist selama perhelatan ajang empat tahunan ini. Torehan itu mengungguli prestasi Mueller pada Piala Dunia 2010 dengan raihan lima gol.

Aksi Rodriguez di Brasil sangat memukau jutaan para penggila sepak bola di seluruh dunia. Bagaimana tidak, enam gol yang dicetak pemain AS Monaco itu diciptakannya hanya dalam lima pertandingan. Jumlah gol yang bahkan lebih banyak dari perolehan total gol Kolombia di Piala Dunia 1994 dan 1998. Jika digabungkan, Kolombia hanya mencetak lima gol pada dua edisi tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ, Rodriguez juga mencatatkan namanya sebagai pemain yang membobol gawang lawan pada pada lima laga beruntun Piala Dunia. Raihan ini sekaligus melewati torehan yang dibuat Ronaldo dan rekannya di timnas Brasil, Rivaldo, yang selalu mencetak gol dalam empat laga awal Piala Dunia.

Aksi Rodriguez dimulai dengan kemenangan meyakinkan 3-0 atas Yunani di laga perdana kualifikasi Grup C dengan mencetak gol penutup di penghujung laga. Setelah itu, mantan pemain Porto ini berturut-turut mencetak masing masing satu gol ketika mengandaskan perlawanan Pantai Gading dan Jepang. Kolombia pun tampil sebagai juara Grup C dengan raihan poin sempurna.

Di fase 16 besar, Rodriguez sekali lagi menegaskan ketangguhannya dengan mencetak dua gol ke gawang Uruguay dan membawa mereka ke babak perempat final. Pemain yang mengawali karirnya di klub Liga Divisi 2 Kolombia, Envigado, ini pun kembali bermain baik kala menghadapi Brasil di partai perempat final. Sayangnya, golnya dari titik putih gagal membawa Kolombia lolos ke semifinal untuk pertama kalinya.

Selain Rodriguez, satu lagi talenta hebat yang berhasil merebut penghargaan, yaitu sebagai pemain muda terbaik, adalah gelandang asal Prancis, Paul Pogba. Definisi pemain muda menurut FIFA adalah yang masih berusia di bawah 21 tahun atau lahir di atas tanggal 1 Januari 1993. Pogba baru berusia 21 tahun 4 bulan.

Gelandang milik Juventus itu menjadi salah satu pemain kunci Prancis yang melangkah hingga babak perempat final. Permainan impresif diperlihatkan Pogba saat menang dua gol tanpa balas kala melawan Nigeria di babak 16 besar. Ia pun didapuk sebagai man of the Match pada laga tersebut.

Selama gelaran di Brasil, statistik lama FIFA mencatat Pogba tampil bersama Prancis di lima laga atau tampil dalam semua pertandingan yang dilakoni Les Bleus selama 354 menit. Mantan pemain Manchester United itu mencetak satu gol saat melawan Nigeria dan menghasilkan umpan matang kala membungkam Swiss 5-2. Selain itu, Pogba tercatat merebut kembali penguasaan bola sebanyak sembilan kali serta sukses mengirimkan umpan sukses sebesar 80,1 persen.

Pogba yang sebelumnya juga meraih Bola Emas di ajang Piala Dunia U-20 pada 2013 ini, mengalahkan rekan satu timnya di timnas Prancis, yaitu Raphael Varane (20), dan bintang muda Belanda Memphis Depay (20) untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Di Prancis, Pogba merupakan pemain muda berbakat. Dia tak butuh waktu lama untuk masuk skuat utama tim asuhan Deschamps. Pogba adalah mantan kapten timnas Perancis U-20. Di bawah kepemimpinannya, Perancis menjadi kampiun Piala Dunia U-20 di Turki. Saat itu juga, Pogba meraih penghargaan Bola Emas. rep: c79 ed: israr itah

Daftar Top Skorer Piala Dunia 2014

6 Gol – James Rodriguez

5 Gol – Thomas Mueller

4 Gol – Lionel Messi, Neymar, dan Robin van Persie

3 Gol – Enner Valencia, Karim Benzema, Andre Schuerrle, Arjen Robben, dan Xherdan Shaqiri

Daftar Pemenang Sepatu Emas selama Piala Dunia:

2014 – James Rodriguez (Kolombia); 6

2010 – Thomas Mueller (Jerman); 5

2006 – Miroslav Klose (Jerman); 5

2002 – Ronaldo (Brasil); 8

1998 – Davor Suker (Kroasia); 6

1994 – Oleg Salenko (Rus), Hristo Stoichkov (Bulgaria); 6

1990 – Salvatore Schillaci (Italia); 6

1986 – Gary Lineker (Jerman); 6

1982 – Paolo Rossi (Italia); 6

1978 – Mario Kempes (Argentina); 6

1974 – Grzegorz Lato (Polandia); 7

1970 – Gerd Muller (Jerman); 10

1966 – Eusebio (Portugal); 9

1962 – Florian Albert (Hungaria), Valentin Ivanov (Rusia), Garrincha & Vava (Brasil), Drazan Jerkovic (Yugoslavia), Leonel Sanchez (Chile); 4

1958 – Just Fontaine (Prancis); 13

1954 – Sandor Kocsis (Hungaria); 11

1950 – Ademir (Brasil); 8

1938 – Leonidas (Brasil); 7

1934 – Oldrich Nejedly (Cekoslowakia); 5

1930 – Guillermo Stabile (Argentina); 8 gol.

Daftar Pemain Muda Terbaik

2006 Lukas Podolski (Jerman)

2010 Thomas Mueller (Jerman)

2014 Paul Pogba (Prancis)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement