Sabtu 14 Jan 2017 18:00 WIB

Menanti Pemain Muda Bersinar di Superliga Badminton 2017

Red:

Absen selama setahun, akhirnya Superliga Badminton kembali digelar pada 2017. Salah satu perhelatan akbar turnamen badminton ini akan digelar mulai 19-26 Februari 2017 di GOR DBL Arena, Surabaya.

Dengan adanya turnamen ini, para penikmat bulu tangkis di Indonesia akan melihat bagaimana pemain-pemain muda beraksi. Hal itu sesuai dengan harapan Ketua Umum pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Wiranto. Ia menganggap turnamen ini menjadi kesempatan besar bagi pemain muda unjuk gigi.

''Pemain-pemain muda kita harus diberikan pengalaman bertanding, salah satunya lewat Superliga ini,'' kata Wiranto dikutip dari laman resmi PBSI. Wiranto mengatakan, setiap klub yang menjadi peserta diberikan kesempatan untuk diperkuat pemain-pemain kelas dunia. Sejauh ini, tak ada batasan maksimal bagi setiap klub yang ingin menggunakan jumlah pemain asing.

Hanya saja, setiap pemain asing hanya boleh tampil pada dua partai saja dan harus memiliki peringkat di bawah peringkat 100 dunia.

Di antara pebulu tangkis luar negeri yang akan tampil ada pebulu tangkis asal Korea Selatan Lee Yong-dae. Pemain ini pernah membawa klub Musica Champion menang di Superliga tersebut pada 2015.

Selain dari Korea Selatan, pebulu tangkis Eropa juga akan tampil, seperti Vladimir Ivanov (Rusia) dan Marc Zwiebler (Jerman). Tak hanya itu, pebulu tangkis Jepang Akane Yamaguchi dan Tanongsak Saensomboonsuk dari Thailand juga akan bertanding.

Sementara itu, sebagai tuan rumah, Indonesia juga akan menurunkan pemain-pemain terbaiknya, seperti peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Lalu juga ada Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Praveen Jordan/Debby Susanto, Tommy Sugiarto, dan lainya.

Turnamen ini nantinya menggunakan format Piala Thomas dan Piala Uber. Nantinya setiap klub akan memainkan tiga nomor tunggal dan dua nomor ganda selama pertandingan berlangsung.

Turnamen ini menyediakan total hadiah sebesar 250 ribu dollar AS (Rp 3,3 miliar). Pada gelaran tahun ini akan bertanding 19 klub Indonesia maupun asing.     rep: Rahayu Subekti, ed: M Akbar

Daftar klub peserta Superliga Badminton 2017

Putra:

Djarum Kudus - Jawa Tengah

Gifu Tricky Panders - Jepang

Berkat Abadi Banjarmasin - Kalimantan Selatan

Suryanaga Mutiara Timur Surabaya - Jawa Timur

Musica Champion - DKI Jakarta

USM Blibli.com Semarang - Jawa Tengah

Mutiara Cardinal Bandung - Jawa Barat

Granular - Thailand

Hitachi - Jepang

Putri:

Djarum Kudus - Jawa Tengah

Jaya Raya Jakarta - DKI Jakarta

USM Blibli.com Semarang - Jawa Tengah

Mutiara Cardinal Bandung - Jawa Barat

Berkat Abadi Banjarmasin - Kalimantan Selatan

Suryanaga Mutiara Timur Surabaya - Jawa Timur

Granular - Thailand

Hokuto Bank - Jepang

Saishunkan Ltd - Jepang

Gifu Tricky Panders - Jepang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement