Senin 14 Jul 2014 12:00 WIB

Daniel Zuchron, Komisioner Bawaslu: Khawatir Penggelembungan Suara

Red:

Apakah Bawaslu sudah mendapat laporan kecurangan Pilpres 2014?

Bawaslu pusat belum mendapat laporan. Tapi, di tingkat provinsi, kabupaten, dan kecamatan sudah banyak laporan. Laporannya sedang direkapitulasi sampai saat ini.

Kecurangan apa saja yang sudah dilaporkan ke panwaslu daerah?

Soal akurasi data pemilih, pemilih yang mencoblos lebih dari satu kali, dan yang kami khawatirkan adanya penggelembungan suara.

Bagaimana pengawasan panwaslu terkait laporan kecurangan tersebut?

Kami meminta panwaslu untuk melakukan pengawasan secara utuh. Pertama, jangan sampai langsung dibacakan perolehan hasil. Harus dimulai sesuai tahapan, dari data pemilih, kelengkapan dokumen, dan kemudian hasilnya. Kalau langsung baca hasil itu sudah salah dari awal. Kedua, dokumen-dokumen harus utuh berjenjang sehingga laporannya harus ada bukti. KPU harus membuat rekapitulasi.

Apakah kedua kubu pemenangan capres-cawapres sudah ada yang melaporkan kecurangan pilpres?

Kalau laporan ke pusat, belum. Proses (laporan) terjadi di tiap tingkat di bawah. Kami berharap penyelesaian dilakukan di bawah. Alasannya karena itu cukup mudah, tinggal ditelusuri datanya. Kami berharap laporan yang dari bawah jangan dimunculkan lagi ke tingkat atas karena hanya buang-buang waktu dan belum tentu bisa diselesaikan. Ini urusan dokumen-dokumen banyak sekali sampai ribuan. Belum lagi kalau ada laporan yang tidak konkret. Hari ini, misal terjadi laporan kecurangan di provinsi A, kan harus melewati kabupaten/kota dan kecamatan dulu. Prinsipnya, penyelesaian laporan di tingkat laporan itu muncul. rep:c87 ed: eh ismail

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement