Kamis 12 Jan 2017 14:00 WIB

Komisi I Ingin Pemerintah Tindak Tegas OPM

Red:

JAKARTA -- Komisi I DPR RI meminta Pemerintah Indonesia lebih tegas terhadap kelompok yang jelas menyatakan makar kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), termasuk Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Ini lebih perlu untuk ditindak karena sudah masuk ke ranah pidana bukan hanya statement," ujar anggota Komisi I DPR RI Sukamta, Rabu (11/1).

Sukamta menilai, ada tiga persoalan utama yang menyebabkan OPM, termasuk dalam kelompok yang jelas berbuat makar di NKRI. Pertama, terkait dengan pengibaran bendera OPM di KJRI Melbourne, Australia. Kedua, adanya pembakaran bendera Merah Putih oleh OPM yang bahkan tersebar di jejaring media sosial dan masih dibiarkan oleh pemerintah. Ketiga, adanya perencanaan makar oleh OPM.

"Jangan sampai yang nyata makar dibiarkan, sementara ada orang yang baru dianggap punya rencana makar sudah ditindak. Jadi, saya kira, perlu tegas terhadap siapa pun yang menindak NKRI," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengibaran bendera OPM di KJRI Melbourne tersebut dilakukan pada Jumat (6/1). Terjadi penerobosan oleh seseorang ke kantor perwakilan politik Indonesia di Negeri Kangguru tersebut untuk mengibarkan Bendera Bintang Kejora OPM.      Qommarria Rostanti, ed: Hafidz Muftisany

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement