Senin 01 Sep 2014 13:00 WIB

Lari Kecil SBY Menuju Finis

Red:

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mempunyai cara unik memperingati hari kemerdekaan RI. Pada akhir Agustus 2014 SBY bersama ribuan pelari berlari bersama dalam lomba lari bertajuk Independence Day Run 2014.

SBY melepas para pelari di depan Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Ahad (31/8).  Turut mendampingi SBY, antara lain, Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono beserta istrinya, Herawati Boediono, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo. 

Tepat pukul 06.05 WIB, Presiden melepas peserta lomba lari kelompok 17k. Secara simbolis, SBY mengangkat tongkat bendera dengan motif papan catur tanda lomba dimulai. Presiden beserta Ibu Negara dan para pejabat lainnya melambaikan tangan tanda ucapan selamat dan dukungan bagi para pelari atau yang kerap disebut finishers. Tak lama berselang sekira pukul 06.10 WIB, SBY melepas peserta lomba lari kelompok 8k.

Berbeda dengan peserta kelompok 17k, peserta kelompok 8k lebih banyak sebagaimana sebelumnya Presiden melambaikan tangan sebagai penyemangat. Tak hanya melepas peserta, SBY beserta Ibu Negara dan para pejabat lainnya sekira pukul 06.15 WIB berjalan santai meninggalkan panggung di depan Istana Merdeka. Dengan langkah tegap dan teratur, Presiden menyusuri Jalan Merdeka Barat. 

Tampak para pejabat lain yang ditemui Republika, seperti Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin maupun Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik terengah-engah mengikuti derap langkah sang Presiden. Bukti kebugaran SBY sebagai mantan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) tetap terjaga pada usia senjanya kini.  Pemandangan unik terhampar tatkala Presiden dan rombongan mendekati jembatan penyeberangan menjelang patung kuda di depan Gedung Indosat.

Entah siapa yang memberikan komando, SBY dan rombongan berlari santai sambil melambaikan tangan. Rupanya para pewarta yang terdiri atas fotografer maupun kameramen telah bersiap mengabadikan momen berlarinya Presiden. Setelah diabadikan, SBY dan rombongan kembali berjalan santai memasuki Kompleks Tugu Monas.

Mendekati garis finis kelompok 17k, Presiden dan rombongan kembali berlari melewati gapura seraya disambut pembawa acara yang telah menanti, juga oleh masyarakat umum yang turut menanti kedatangan RI1. Sejurus kemudian, tepatnya pukul 06.40 WIB, Presiden memasuki tenda VVIP untuk beristirahat sejenak. 

Tepat pukul 07.20 WIB, SBY keluar tenda untuk menyaksikan pertunjukan oleh tim aerobatik Jupiter dari TNI Angkatan Udara, marching band dari Akademi Militer, dan free fall terjun payung oleh 69 peterjun. Tiba di area yang telah disediakan panitia, Presiden terlihat menikmati serangkaian manuver tim aerobatik Jupiter.  Ibu Negara, sebagaimana yang sudah-sudah, mengabadikan momen tersebut dengan kamera SLR yang dimilikinya.

Sebuah cara apik bagi sang Presiden memasuki September 2014 atau 50 hari terakhir jelang "finis" masa tugasnya.  Tepatnya 20 Oktober 2014, SBY akan menyerahkan tampuk kepemimpinan negeri kepada Presiden terpilih Joko Widodo.  Masyarakat, terutama yang hadir dalam Independence Day Run 2014, tentu akan mengingat jasa-jasa SBY selama 10 tahun kepemimpinannya, tidak hanya lambaian tangan Presiden tatkala start tadi.  rep:muhammad iqbal ed: muhammad fakhruddin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement