Selasa 15 Jul 2014 12:00 WIB

Warna-warni Penutupan Piala Dunia

Red:

RIO DE JANEIRO -- Piala Dunia 2014 yang berlangsung selama satu bulan di Brasil telah berakhir. Timnas Jerman berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Argentina.

Sebelum menggelar pertandingan final Piala Dunia, panitia penyelenggara melakukan upacara penutupan yang meriah di Stadion Maracana. Menurut data FIFA, lebih dari 1.000 orang terlibat dalam upacara penutupan yang menampilkan pagelaran musik dan budaya Brasil.

Pembukaan upacara penutupan Piala Dunia diramaikan parade karnaval samba yang secara simbolis mempertemukan dua free styler yang mewakili timnas Jerman dan Argentina. Kedua free styler itu menunjukkan aksi juggling bola di lapangan Stadion Maracana yang memesona para penonton.

Selanjutnya, penyanyi Shakira yang mengenakan gaun berwarna merah menyala membawakan lagu resmi Piala Dunia yang berjudul "La La La" bersama penyanyi asal Brasil, Carlinhos Brown. Selain Shakira, Carlos Santana juga ikut berkontribusi dalam acara tersebut. Santana tampil membawakan lagu yang berjudul "We Will Find a Way" ditambah dengan medley lagu-lagu Brasil bersama dengan Alexandre Pires dan Ivete Sangalo.

Dalam upacara penutupan Piala Dunia, ada empat pesan yang terselip, yaitu kebebasan, solidaritas, gairah, dan keanekaragaman. Kemudian, para penari menampilkan kebudayaan dari 32 tim yang ikut serta dalam perhelatan akbar itu.

Meski berlangsung semarak dan meriah, tetap saja acara puncak adalah laga final yang mempertemukan Jerman dan Argentina. Sejumlah selebritas dunia hadir di Stadion Maracana. David Beckham datang bersama anak-anaknya. Ia sempat diabadikan memeluk legenda sepak bola Brasil Pele. Supermodel asal Brazil, Gisele Buendchen, menonton bersama suaminya, bintang American Football AS Tom Brady. Penyanyi Rolling Stones Mick Jagger tampak hadir di Stadion Maracana. Tak ketinggalan, superstar kompetisi basket NBA LeBron James berada di bangku VIP.

Upacara Penutupan Piala Dunia 2014 itu juga disaksikan Kanselir Jerman Angela Merkel juga Presiden Rusia Vladimir Putin. Putin hadir untuk menjalani seremoni penyerahan piala sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia.

Pada akhir laga Putin memberikan ucapan selamat kepada Merkel yang duduk di dekatnya. Merkel membalas dengan menyampaikan selamat kepada Putin karena Rusia menjadi tuan rumah pesta sepak bola dunia empat tahunan ini.

Dengan segala kekurangannya, Brasil dinilai sukses menjadi tuan rumah. Tapi, keberhasilan ini tampaknya tidak menolong citra buruk Presiden FIFA Sepp Blatter maupun Presiden Brasil Dilma Rousseff yang juga hadir di acara penutupan. Sebagian besar penonton di Stadion Maracana mencemooh Blatter saat wajahnya tampil di layar raksasa stadion saat penyerahan trofi. Sedangkan, Roussef kemungkinan tidak akan terpilih lagi pada pemilihan presiden Brasil pada Oktober 2014 karena masyarakat kecewa Brasil gagal menjadi juara serta ongkos mahal yang dihabiskan sebagai tuan rumah.  rep:c02/Reuters ed: israr itah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement