Jumat 03 Oct 2014 16:00 WIB

Ribuan Mahasiswa Ikuti OSN Pertamina

Red:

Sebanyak 35.000 mahasiswa seluruh Indonesia mengikuti Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN Pertamina) 2014. Kegiatan dilaksanakan secara serentak di 33 provinsi dari 44 perguruan tinggi mitra di Indonesia.

Di tahun ketujuh ini, jumlah peserta melebihi peserta tahun 2013 yang mencapai 25.282 mahasiswa. Dengan tema 'Inovasi Sobat Bumi Untuk Masa Depan Generasi', OSN Pertamina 2014 tahun ini memperebutkan hadiah total senilai Rp 2 miliar.

Melalui Science Olympic Games yang melibatkan perguruan tinggi di seluruh Indonesia ini diharapkan dapat membangun kesadaran mahasiswa Indonesia di bidang ilmu sains dan teknologi. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan menyampaikan, OSN PERTAMINA sebagai sarana mencetak generasi yang andal dan dapat berkontribusi bagi negara.

"Kami berharap melalui OSN ini, akan lahir individu-individu cemerlang, yang berperan akif dalam pembangunan bangsa, memiliki kepekaan terhadap permasalahan bangsa, dan terus melatih diri untuk berkontribusi memberikan solusi," ujar Karen, saat pembukaan  Kamis (25/9).

Pembukaan seleksi dilakukan di Balairung Universitas Indonesia, Depok. Penyelenggaraan OSN Pertamina 2014 diharapkan dapat menghasilkan generasi muda Indonesia yang andal dalam bidang sains. Sehingga, dapat menjadi bagian dari penyelesaian berbagai masalah yang timbul di masyarakat dan daerahnya.

Sebagai kategori tetap, OSN ini akan mengompetisikan empat bidang, yaitu bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi. Untuk kategori proyek sains akan dikompetisikan karya cipta dari tiga bidang, yaitu bidang aplikasi perangkat lunak (APL), rancang bangun (RB), dan produk unggulan (PU). rep: dwi murdaningsih ed: hiru muhammad

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement