Jumat 16 Dec 2016 16:00 WIB

Sienta Jadi Mobil Terbaik 2016

Red:

 

Google                                    

 

 

 

 

 

 

 

 

Toyota Sienta meraih penghargaan Best of The Best Indonesian Car of The Year (ICOTY) 2016. Mobil jenis MPV ini mengungguli 28 finalis lainnya yang dinilai oleh tim juri dalam ajang tersebut. Majalah mobilmotor sebagai penyelenggara, memiliki penilaian secara objektif dengan adanya tolok ukur sebesar 60 persen, dan selebihnya melalui penilaian subjektif.

"Pada tahun 2016 ini penilaian ada dua, baik itu subjektif maupun objektif. Mobil dari Jepang, Korea, Eropa semakin sulit menilainya, karena saat ini kendaraan lebih luar biasa, semua sudah hampir sama," kata salah seorang tim juri, Andre DG Poetra di Jakarta, Rabu (14/12).

 

Adapun Indonesian Car of The Year pertama pada 2002, digelar di kawasan Bogor, Jawa Barat dan di Sirkuit Sentul. lni merupakan tonggak sejarah otomotif di Indonesia karena ICOTY adalah ajang pengujian mobil secara serempak, sekaligus dilakukan pada berbagai merek, dan tipe serta diuji oleh penguji independen.

 

Kompetisi kali ini merupakan ICOTY ke-15, yang telah dilaksanakan pada 9 November 2016 di kawasan perumahan Sentul Selatan, dan Sirkit Sentul. Dipilihnya tempat tersebut karena bisa dikategorikan ideal, tersedia segala pilihan kondisi jalan.

 

Pengujian dilakukan oleh Iima juri lndependen dan satu test driver, yaitu Yannes Martinus, Turyandi ltto, Andre DG Poetra, lrwan Fahrudin, Ario Demas, dan  Jimmy Lukita sebagai test driver. Materi yang diuji coba berkisar haI-hal yang sering dipertanyakan oleh para calon pembeli mobil. Penilaian akan kualitas, uji kenyamanan, kualitas pengendalian, fitur-fitur, serta pengujian objektif mengunakan alat ukur.

 

Mobil dalam ICOTY 2016 dibagi dalam 11 kategori, termasuk kategori hybrid. Setiap pengujian ditujukan untuk menilai mana yang terbaik dalam kategorinya. Dan, dari pemenang setiap kategori dengan nilai tertinggi, akan dianugerahi gelar Best of The Best ICOTY 2016.

Khusus untuk kategori hybrid, disebabkan ukuran dan model ketiganya sangat berbeda, maka secara tegas ketiganya tidak bisa disandingkan. Mobil hybrid belum banyak dikenal oleh konsumen di Indonesia, itu sebabnya khusus kategori hybrid lebih bersifat exibition untuk menambah wawasan dan pengetahuan.   Rossi Handayani, ed: Khoirul Azwar

 

Nilai tertinggi tiap-tiap kategori

 

LCGC Sedan: Honda Brio Satya

LCGC MPV: Daihatsu Sigra

SUV Diesel: Hyundai Santa FE

SUV Compact: Chevrolet Trax

MPV Compact: Toyota Sienta

Compact Hatchback: All New Honda Jazz

City Car: New Honda Brio RS

Medium Seda: Honda Civic Turbo

MPV: All New Toyota Kijang Innova

Small MPV: Suzuki Ertiga

Hybrid: Toyota Camry

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement