Senin 15 Sep 2014 15:30 WIB

Deretan Mobil Baru Bakal Warnai IIMS 2014

Red:

Penyelenggaraan Indonesia In ter national Motor Show (IIMS) 2014 tinggal meng hitung hari. Ajang tahunan tersebut siap menggebrak du nia otomotif di Asia Tenggara. Pasal nya, IIMS menjadi pameran yang diper hitungkan karena merupakan salah satu pameran otomotif terbesar di Asia.

Pada ajang ini, pabrikan-pabrikan otomotif akan berlomba untuk me nam pilkan deretan mobil terbarunya hingga mobil konsep yang belum dirilis saat itu juga. Hal inilah yang menjadi daya tarik konsumen di Indonesia. Hadirnya mobilmobil baru akan lebih menyemarakkan gelaran adu teknologi otomotif tahunan di Indonesia tersebut. Sebab, selain men jadi ajang jualan, konsumen dimanjakan dengan pengetahuan terhadap mobilmobil baru dan yang akan mengaspal di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Darmawan/Republika

Tahun ini, IIMS masih menempati are al Jakarta International Expo (JIE), Kemayoran. Lahan pameran lebih luas dari tahun lalu dari sekitar 75 ribu meter persegi menjadi 83.137 meter persegi. Pameran yang digelar selama 10 hari dari 18 hingga 28 September 2014 ini akan diisi 36 merek industri otomotif dunia. Sebanyak 29 merek mo bil penumpang (passenger car) dan tujuh merek kendaraan komersial (com mercial vehicle) akan unjuk gigi.

Dari seluruh merek kendaraan glo bal yang akan hadir di IIMS 2014 ini, beberapa di antaranya adalah merek baru yang baru kali ini tampil di pa meran otomotif tahunan ini. Antara lain, Fiat, Alfa Romeo, Infiniti, dan Fu so. "Target kita IIMS menjadi obyek wisata dan lebih diperhitungkan di du nia otomotif internasional," kata ke tua penyelenggara IIMS 2014, Johnny Darmawan, di Jakarta.

Selain merek baru, deretan mobilmobil teranyar juga akan mengisi stan masing-masing merek yang akan menjadi daya tarik pengunjung. Dari pabrikan Honda, PT Honda Prospect Motor akan membawa mobil baru mereka HR-V ke Indonesia. Mobil yang bernama Vezel di Jepang ini akan menjadi andalan Honda untuk masuk di segmen CUV (Crossover Utility Vehicle). HR-V sendiri akan mengisi segmen di atas hatchback andalan Honda Jazz dan di bawah SUV CR-V. Indonesia menjadi negara kedua setelah Jepang yang meluncurkan Honda HR-V ini.

Ini adalah tantangan baru Honda un tuk masuk pada segmen SUV kecil ini. Seperti yang dikatakan Direktur Marketing & Aftersales Service PT HPM, Jonfis Fandy, Honda akan menjajal segmen baru di CUV ini dengan meluncurkan HR-V. Menurut nya, segmen ini juga menjadi salah satu segmen penting di industri otomotif nasional selain segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Nantinya, HR-V akan diproduksi di Indonesia. "Mulai dipro duksi di Indonesia awal 2015," kata Jon fis.

Pabrikan Mazda juga akan melun curkan produk baru pada gelaran IIMS 2014. Setelah cukup sukses dengan Mazda 2 yang sudah mengaspal di In donesia, Mazda akan meluncurkan All New Mazda 2 di Indonesia dan Asia Tenggara melalui IIMS 2014. Subaru juga akan merilis produk terbarunya di IIMS 2014 nanti. Subaru akan menghadirkan tiga produk sekaligus, yaitu All New WRX, WRX STI, dan XV STI Performance Editions. Subaru juga akan memamerkan mobil konsep mereka dari Forester Cutaway dan varian VIZIZ yang sebelumnya juga di pa merkan di Geneve Motor Show awal tahun lalu.

Suzuki juga memberi bocoran akan meluncurkan mobil baru mereka pada ajang ini. Suzuki telah menyiapkan mobil konsep mereka yang rencananya akan diluncurkan di Indonesia, yaitu Suzuki Celerio, Hustler, dan S-Cross.

Sedangkan, dari pabrikan Mitsubishi, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) sebagai agen pemegang merek Mitsubishi akan menampilkan secara perdana mobil mereka Mitsubishi Delica D:5 tahun ini di IIMS. Mitsubishi Delica D:5 akan ikut meramaikan pasar MPV di Indonesia. Saat ini, Mitsubishi memang kurang greget ketika harus ikut bersaing dengan pabrikan lain untuk kendaraan penumpang di segmen MPV. Kehadiran Delica di Indonesia diharapkan akan menambah persaingan segmen MPV menjadi semakin ketat.

Nissan tak kalah juga ing in menampilkan produk ter barunya di pameran otomotif yang menyedot ratusan ribu pe ngunjung ini dengan membawa All New Nissan X-Trail serta Nissan Elgrand. Satu atap dengan Nissan, Datsun dan Infiniti juga telah menyiapkan produk baru untuk diluncurkan di IIMS 2014. Datsun telah me nyiapkan Datsun Redi Go sedangkan Infiniti akan melun curkan Infiniti Q50 sebanyak dua varian.

"X-Trail terbaru Nissan akan me miliki fitur terbaik di kelasnya, harganya juga sangat menarik," kata General Manager Marketing PT Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin. Deretan mobil baru tersebut masih akan terus bertambah memanjakan pe ngunjung IIMS 2014. Yang pasti, Johnny Darmawan menegaskan, diseleng ga rakannya IIMS bukan ditujukan se ba gai ajang penjualan mobil bagi pemegang merek otomotif. Melainkan sebagai ajang adu teknologi dan berkumpulnya ahli industri otomotif dunia ke Indonesia. Meskipun begitu, penyelenggara tidak mengharamkan diadakannya transaksi penjualan pada ajang ini. rep:agus raharjo ed: anjar fahmiarto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement