Selasa 09 Sep 2014 12:00 WIB

1,7 Juta Hektare Kawasan Hutan Riau Dilepas

Red:

PEKANBARU -- Kementerian Kehutanan menyetujui pelepasan kawasan hutan seluas 1,7 juta hektare di Provinsi Riau. Hal itu terkait dengan perubahan rencana tata ruang dan wilayah provinsi.

"Namun, sejumlah pemerintah kabupaten/kota menilai hutan yang dilepas seluas itu belum mencukupi," kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Riau Irwan Effendi di Pekanbaru, Senin (8/9). Menurut dia, usulan Riau untuk pelepasan kawasan hutan sebenarnya adalah 2,7 juta hektare dan memang tidak dikabulkan sepenuhnya.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan telah menyerahkan langsung Surat Keputusan (SK) Pelepasan Kawasan Hutan itu kepada Pemprov Riau saat acara perayaan HUT ke-57 Provinsi Riau pada 9 Agustus lalu. Irwan Effendi mengatakan, sejumlah pemerintah kabupaten/kota di Riau masih ada yang keberatan karena usulan mereka belum dipenuhi seluruhnya.

Menurut Irwan, pertentangan yang muncul karena pelepasan kawasan hutan Riau dinilai terlalu besar pada saat Pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendukung program misi menekan laju deforestasi. Selain itu, hasil kajian tim terpadu yang dibentuk Kementerian Kehutanan juga menilai hanya 60 persen dari usulan pelepasan yang layak diberikan. antara ed: fitriyan zamzami

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement