Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Menciptakan Pernikahan Penuh Berkah

Sabtu 14 Jan 2017 11:00 WIB

Red:

Belum lama ini, Solikhin Abu Izzudin telah menerbitkan buku terbarunya yang berjudul Kado Nikah Pengemban Dakwah. Solikhin merupakan figur yang pernah menulis buku best seller berjudul Zero To Hero.

Sesuai dengan judulnya, dalam buku terbarunya, Solikhin membahas secara detail tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pernikahan. Menurut dia, menikah sama halnya dengan menghimpun keberkahan Allah SWT.

Terdapat lebih dari 20 pokok bahasan dalam Kado Nikah Pengemban Dakwah. Salah satu babnya bertajuk "Proposal Cinta". Dalam bab ini, Solikhin menerangkan beberapa hal yang perlu diketahui seseorang ketika hendak menikah.

Misalnya, visi dan misi sebuah pernikahan. Visi pernikahan tentu untuk membangun keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah guna meraih keberkahan dan keridhaan Allah SWT, baik di dunia maupun akhirat.

Sedangkan, misi pernikahan, menurut Solikhin, salah satunya adalah ibadah. Sebab, menikah sesuai dengan tuntunan syariat serta sunah Rasulullah SAW. Selain ibadah, pernikahan juga berkaitan dengan tarbiyah dalam kaitannya dengan menyiapkan generasi Muslim yang rabbani Qurani.

Pernikahan juga sebuah dakwah. Melaksanakan dakwah di jalan Allah dengan memberikan keteladanan dalam peri kehidupan. Solikhin juga membahas perihal kriteria suami dan istri yang sesuai dengan napas Islami. Untuk kriteria suami, Solikhin menyingkatnya dengan kata "RINDU", yakni roin atau rois (siap memimpin keluarga), ihsan (bertindak profesional dan proporsional), nafkah (mencukupi kebutuhan keluarga), daar (menyediakan tempat tinggal), serta uswatun hasanah (mampu memberikan keteladanan yang baik).

Sedangkan ,kriteria istri yang Islami, Solikhin menyingkatnya dengan kata "MESRA", yakni muruah (dapat menjaga harkat dan martabat), eling dan empatik (ingat Allah dan peduli sesama), setia (menjaga kesetiaan bersama Allah), ridha (dengan pemberian suami dan qanaah), amanah (menjaga diri, keluarga, dan suaminya).

Sebelum menjemput pernikahan, selain menyiapkan calon yang sesuai dengan karakter Islam, perlu juga menyiapkan bekal psikologis. Menurut Solikhin, bekal kesiapan psikologi merupakan upaya untuk mengarungi mahligai pernikahan yang penuh ranjau-ranjau cobaan di dalamnya. Kata kuncinya adalah atasi setiap tantangan dan hadapi gangguan dengan bekal iman.

Selain hal-hal tersebut, Solikhin mengupas banyak hal lainnya yang berkaitan dengan pernikahan dan kehidupan rumah tangga. Secara keseluruhan, isi bukunya mengandung berbagi tips dan ikhtiar yang perlu dilakukan agar pernikahan dapat menuai keberkahan dari Allah SWT. N kamran dikarma

Buku: Kado Nikah Pengemban Dakwah

Penulis: Solikhin Abu Izzudin

Penerbit: Pro-U Media

Cetakan: 2016

Tebal: 560 halaman

 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA