Selasa 20 Aug 2013 02:36 WIB
MotoGP

Marz Marquez Hanya Bidik Poin di GP Ceska

Pebalap Honda asal Spanyol, Marc Marquez, memacu kecepatan saat sesi latihan bebas GP Qatar di Sirkuit Internasional Losail, Doha, Qatar (4/4).
Foto: Reuters/Mohammed Dabbous
Pebalap Honda asal Spanyol, Marc Marquez, memacu kecepatan saat sesi latihan bebas GP Qatar di Sirkuit Internasional Losail, Doha, Qatar (4/4).

REPUBLIKA.CO.ID, INDIANAPOLIS — Pembalap MotoGP Marc Marquez tidak mau berlama-lama merayakan kemenangan di Sirkuit Indianapolis, AS, Ahad (18/8). Ia langsung menatap seri ke-11 balap MotoGP musim ini yang berlangsung di Ceska, akhir pekan ini.

Walau meraih tiga kemenangan berurutan pada tiga seri balapan terakhir, pembalap Repsol Honda ini tak mau besar kepala akan kembali menjadi raja di Ceska. Marquez dan timnya hanya berupaya membidik poin di Sirkuit Brno. 

Menurut pembalap berusia 20 tahun ini, Brno merupakan sirkuit yang memiliki trek cukup cepat dengan 22 lap dan grip yang sangat bagus. Ia menjagokan Jorge Lorenzo di sini karena pada saat libur musim panas, pembalap Yamaha itu sudah menjalani uji coba di sana. “Kemungkinan, Lorenzo akan menjadi yang tercepat di Brno. Tapi, hal itu tidak menyurutkan semangat saya untuk kembali naik podium pekan depan,” kata Marquez seperti dikutip Crash.net, Senin (19/8).

Marquez sudah empat kali finis di podium pertama pada MotoGP musim ini. Tiga kemenangan diraih saat balapan berlangsung di AS. Adapun satu lainnya terjadi pada seri MotoGP Jerman.

Ia mempertahankan posisinya di puncak klasemen mengalahkan rekannya, Dani Pedrosa dan Lorenzo. Balapan di Indianapolis menjadi akhir pekan yang menakjubkan bagi Marquez karena dia selalu berada di posisi teratas dalam setiap sesi. Marquez yang meraih pole position mengawali race dengan lambat dan sempat berada di posisi ketiga, namun ketika berada pada lap ke-13, dia kembali berada di urutan terdepan meninggalkan Pedrosa dan Lorenzo.

“Secara keseluruhan, ini adalah GP terbaik saya setelah naik ke kelas utama dan kami sudah melakukan yang terbaik di MotoGP,” kata Marquez. Marquez merupakan rookie pertama di kelas utama yang memenangkan tiga balapan back to back sejak Kenny Roberts pada 1978 pada seri Austria, Prancis, dan Mugello.

Cedera yang dialami Lorenzo dan Pedrosa menguntungkan Marquez. Kedua pesaingnya itu tak optimal mengimbanginya saat memacu kendaraan di kecepatan tinggi. Pedrosa mengaku sudah beradaptasi dengan gaya berkendaranya seusai mengalami cedera tulang selangka, beberapa waktu lalu. Ia sempat merasakan nyeri selama memacu motornya, namun berhasil menempati posisi kedua di Indianapolis.

Sedangkan, Lorenzo mengaku bangga bisa kembali naik podium untuk pertama kalinya setelah finis di tempat ketiga. Serupa dengan Pedrosa, Lorenzo juga mengalami cedera cukup parah di tulang selangkanya. Dia tidak merasa sempurna dalam perlombaan tersebut dan berharap merebut posisi pertama di Brno. n rizky jaramaya ed: israr itah

Klasemen Sementara MotoGP

Pembalap    Nilai

1. Marc Marquez     188

2. Dani Pedrosa     167

3. Jorge Lorenzo     153

4. Valentino Rossi     130

5. Cal Crutchlow     127

6. Stefan Bradl     93

7. Andrea Dovizioso     87

8. Alvaro Bautista     81

9. Nicky Hayden     72

10.Bradley Smith     59

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement