Ahad 17 Jan 2016 13:00 WIB

AIR TAJIN KAYA MANFAAT

Red: operator
Ilustrasi air tajin.
Foto: hfmagazineonline.com
Ilustrasi air tajin.

REPUBLIKA.CO.ID,

OLEH PUTI ALMAS 

Air tajin ternyata bisa dinikmati sebagai produk kuliner bahkan perawatan tubuh.

Banyak orang bicara, air dari rebusan beras menyimpan banyak zat dan vitamin yang bermanfaat bagi tu - buh. Namun, tak banyak penjelasan tentang air yang dimaksud. Pakar beras yang juga peneliti pengolahan hasil pertanian, Profesor Djoko Said Damardjati, mengatakan, air tajin yang dimaksud khususnya dari beras yang belum melalui proses sosoh atau dibersihkan hingga kulit arinya.

Kandungan yang ada dalam air tajin di antaranya adalah enzim, mineral, antioksidan, serta vitamin B dan E. Selain itu ada mikro selenium yang sangat bermanfaat untuk tubuh, khususnya bayi.

Menurut pria yang bekerja di Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan ini, kandungan dalam air tajin lebih mudah didapatkan saat memasak beras merah. Hal itu karena di zaman kini, beras putih yang ada di pasaran cenderung sudah melalui proses sosoh. Sementara, beras merah bisa dikatakan masih utuh, sehingga kulit arinya masih menempel.

\"Banyak kandungan fungsional yang masuk ke dalam air tajin berasal dari lapisan terluar kulit beras. Jadi, jika sudah disosoh, manfaatnya banyak hilang dan yang tertinggal hanya karbo hi - drat\" ujar Djoko. Dalam air tajin yang berasal dari beras merah terdapat 10 jenis enzim. Belum lagi kandungan antioksidan, vitamin B dan E yang jauh lebih banyak dibandingkan air tajin dari beras putih.

Selain baik bagi bayi dan anak-anak, air tajin juga sangat bermanfaat bagi orang dewasa. Me nurut Djoko, formula dalam air tajin bisa membantu mengobati diabetes serta tekanan darah tinggi. Belum lagi, air ini bisa membantu memproduksi an tibodi, yang menjaga sistem imunitas atau kekebalan dalam tubuh manu sia.

Selain beras merah, Djoko menuturkan, beras hitam juga sangat baik un tuk diambil menjadi air tajin.

\"Kan dungan dalam tajin dari beras hitam hampir sama banyak dengan beras merah, tapi kelebihannya di sini terkandung zat yang mampu mencegah alergi kulit serta hipertensi

kata lulusan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini..

Mengonsumsi rutin Manfaat yang ada dalam air tajin khususnya berasal dari rebusan beras merah, hitam, maupun beras putih yang belum disosoh, serta bekatul.

Pertama, adalah untuk kulit. Menurut Djoko, air tajin bisa merangsang regenerasi sel kulit, sehingga sangat baik bila digunakan sebagai masker wajah. Selain itu, terdapat kandungan dalam beras yang mampu menangkal sinar ultraviolet.

Karena itu air tajin cocok digunakan untuk menjadi sunblock. 

Djoko menuturkan, Anda ha - nya perlu memoleskan air tajin ke wajah setidaknya 15 menit sebelum bepergian ke luar rumah. 

Air tajin juga dapat mencerahkan warna bibir yang kusam akibat berbagai faktor. Caranya, hanya perlu memoleskan pada seluruh bagian bibir satu hingga dua kali dalam sehari.

Kedua adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Air tajin terbukti dapat memberi rasa kenyang, namun dengan jumlah karbohidrat yang le bih sedikit. Karena itu, orang-orang yang tengah men jalani program diet, bisa mencoba mengo n - sumsi air tajin sebagai pengganti asupan karbohidrat.

Semua manfaat air tajin, kata Djoko, hanya bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin.

"Termasuk ibu hamil yang rutin mengonsumsi air tajin dapat membuat anak dalam kandungannya terhindar dari autisme karena dalam air ini terkandung zat penetral dari segala macam zat berbahaya" ujar dia.

Terlepas dari banyaknya manfaat dalam air tajin, bukan berarti kemudian air ini bisa menggantikan fungsi asi dan susu formula pada umumnya. Djoko menjelaskan, air ini hanya bersifat pelengkap untuk kebutuhan tubuh bagi bayi dan anak-anak. Sebab, kandungan gizinya tetap jauh di bawah asi dan susu formula.

Pencucian beras Mengingat masyarakat Tanah Air yang lebih memilih beras putih untuk dikonsumsi, Djoko menyarankan agar teliti sebelum memasak nasi.

Di zaman kini, selain beras yang sudah lebih banyak melalui proses sosoh, tak sedikit juga yang mengandung pemutih.

Hal ini tentu sangat berbahaya, terlebih bila Anda juga ingin mengonsumsi air tajin dari beras putih. Sebaiknya, saran Djoko, sebelum dimasak, rasakan aroma beras.

Bila terasa berbeda, Anda bisa melakukan pencucian beras sebanyak 2 hingga 3 kali. Setelah itu, beras dapat dimasak karena kemungkinan besar zat-zat pemutih yang berbahaya telah terbuang. 

\"Tetapi, karena sudah melalui proses pencucian yang banyak, zat fungsional dalam beras secara otomatis hilang. Biasanya yang tersisa hanya karbohidrat, jadi, tetap lebih disarankan untuk memasak beras merah atau hitam jika ingin mendapat air tajin yang baik," jelas Djoko.

Menurut Djoko, kini air tajin bisa dimanfaatkan sebagai minuman yang nikmat. Hal itu, ka rena Anda bisa mencampurkannya dengan beberapa bahan makanan lain sehingga menghasilan rasa yang menyenangkan dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan.

Di antaranya dengan penambahan lemon dan madu. Djoko menjelaskan, khasiat dari kedua bahan ini sudah tak diragukan, khususnya untuk kesehatan tubuh dan kulit. Terlebih, jika dicampur dengan air tajin, minuman ini dapat berfungsi se bagai obat pencernaan serta membantu peremajaan kulit.

"Tentu air tajin ini sendiri banyak bisa divariasikan dengan bahan makanan lain yang semakin menambah khasiatnya. Tentu, semakin banyak yang mengetahui manfaat air tajin, maka lebih banyak lagi kreasi-kreasi agar air ini terasa lebih nikmat diciptakan oleh orang-orang dari industri kuliner,kata Djoko menambahkan. (ed:nina chairani)

Lebih disarankan untuk memasak beras merah atau hitam jika ingin mendapat air tajin yang baik.

SAMBALADO CANGKUAK 

Bahan:

lCabai giling 

lBawang merah, bawang putih secukupnya, diiris 

lTomat diiris 

lDaun kunyit 

lAir tajin.

Cara membuat:

1.Memasak beras. Lebihkan air, agar Anda bisa mendapatkan air tajin yang cukup setidaknya gunakan 500 ml air.

Setelah itu, masukan air tajin dalam mangkuk tahan panas seperti dari bahan stainless. 

2.Campurkan semua bahan yang sudah disiapkan ke dalam air tajin, aduk.

3.Masukkan kembali dalam periuk, tempat Anda memasak nasi. Pastikan, api dalam ukuran kecil dan tunggu hingga menjadi nasi yang sempurna.

Untuk membuat tajin bisa menggunakan rice cooker, yang penting takar air lebih banyak agar air tajin bisa dihasilkan, kemudian lakukan seperti tahapan membuat sambalado cangkuak dengan periuk. 

dari Asmar Yulastri 

Catatan:

lBila suka terkadang sambal cangkuak menggunakan daun jeruk, asam kandis, sesuai selera. Ada juga yang menambahkan teri medan, kerupuk jangek (kerupuk kulit), kentang.

lBila menginginkan rasa yang lebih gurih, seluruh bahan ditumis sebentar dengan sedikit minyak kelapa, baru kemudian dimasukkan ke dalam mangkuk air tajin untuk kemudian dilanjutkan prosesnya dalam rice cooker atau periuk.

Agar Kualitas Air Tajin Bagus

Untuk menghasilkan air tajin yang berkualitas lebih bagus, Prof Djoko Said Damardjati menyarankan berikut:

lSebaiknya tanaklah nasi secara manual atau periuk, panci, tidak menggunakan rice cooker.

lTakaran air lebih banyak. Masukkan dua hingga tiga sendok beras dengan lima gelas air.

lJika Anda menambah jumlah beras, takar air sesuai dengan kelipatan yang ideal. Jadi, bila Anda ingin memasak nasi dengan 4 sendok beras, maka air yang digunakan merebus adalah 10 gelas. 

Cerita Tajin dari Minangkabau 

Air tajin juga dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Salah satunya berasal dari daerah Minangkabau. Sambalado cangkuak adalah salah satu yang populer.

Menurut pakar kuliner Minangkabau sekaligus dosen program studi Ilmu Tata Boga di Universitas Negeri Padang (UNP), Asmar Yulastri air tajin sedari dahulu sudah digunakan oleh masyarakat wilayah Sumatra Barat. Seperti di daerah Nusantara lainnya, air tajin pada zaman dahulu digunakan sebagai pengganti susu bagi bayi dan anak- anak karena kondisi ekonomi yang sulit.

Namun, lambat laun masyarakat menyadari bahwa air tajin mengandung manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Tak heran, orang-orang di banyak daerah di Minangkabau semakin sering mengonsumsinya. bahkan, tak hanya bayi dan anak-anak, namun juga orang dewasa.

Kalau zaman dahulu, memang orang- orang di Minangkabau meyakini air tajin memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan terlebih untuk anak bayi, jika sang ibu merasa kekurangan asi. Di zaman kini, penelitian mengungkapkan banyaknya nutrisi di dalam air ini,ujar Asmar.

Ia menjelaskan salah satu kandungan dalam air tajin yang manfaatnya begitu terasa adalah adanya vitamin B1. Menurut Asmar, vitamin ini terdapat dalam lapisan terluar beras yang belum disosoh atau masih mengan - dung kulit ari. `\"Selain menghasilkan energi, orang mengonsumsi air ini bisa terjaga fungsi jantungnya serta meningkatkan fungsi otak, yang sangat baik untuk bayi dan anak-anak,

jelas dia.

Menurut Asmar, setelah dikonsumsi sebagai minuman, baik untuk bayi, anak- anak, dan orang dewasa, masyarakat Minangkabau di zaman dahulu mulai meman faatkan air ini untuk menjadi masakan. Ba nyak orang, khususnya dari wilayah Darek atau daerah asli Minangkabau yaitu Tanah Da tar, Agam, dan Lima Puluah Koto yang mem buat sambalado cangkuak (lihat boks). Sambalado ini kini kerap menjadi pilihan me reka yang ingin mengurangi konsumsi minyak.

Awalnya hanya masyarakat di wilayah Darek, yang membuat sambalado cangkuak.

Zaman dahulu, mereka biasa memasak nasi dengan menggunakan periuk dan saat nasi masak, sambal tersebut juga siap disajikan,

jelas Asmar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement