Kamis 19 Jun 2014 12:00 WIB

Aplikasi Ramadhan Bermunculan

Red:

JAKARTA -- Ramadhan memantik munculnya sejumlah aplikasi dan layanan. Google dan Telkomsel merupakan dua pihak yang sudah mulai mengenalkannya kepada masyarakat. Telkomsel mengenalkan program Telkomsel Siaga.

Brand Manager Telkomsel Saki H Bramono mengatakan, umat Islam bisa menikmati sejumlah konten Islami, jadwal puasa, dan peta mudik. ‘’Kami punya visi sebagai perusahaan digital, maka kami membuat aplikasi semacama ini,’’ katanya, Rabu (18/6).

Dengan layanan ini, kata dia, Ramadhan akan semakin berwarna. Selain melalui operator, aplikasi Telkomsel Siaga dapat diunduh di Play Store Android, iPhone, dan Blackberry. Tiga hari lagi, semua aplikasi baru bisa diunduh.

Saat ini, aplikasi tersebut masih dalam tahap persiapan. Saki menambahkan, untuk layanan konten Islami, Telkomsel bekerja sama dengan Republika. Mencakup berita seputar Ramadhan, hadis, tausiyah, serta tanya-jawab Ramadhan.

‘’Republika akan membantu menyediakan konten-konten tersebut,’’ kata Saki. Bahkan, agar pengguna bisa lebih mudah bersedekah, Telkomsel menyediakan paket donasi. Dana yang terhimpun diserahkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Saki menambahkan, Telkomsel juga memberikan layanan peta mudik. Layanan itu menjamin para pengguna selalu terhubung dengan Telkomsel sepanjang perjalanan mudik. ‘’Bersama Menkominfo kami sudah test drive 10 Juni lalu.’’

Ini bagian dari upaya penyusunan peta mudik. Tak hanya itu, Telkomsel bekerja sama dengan beberapa bengkel di jalur mudik. Dengan demikian, pengguna memperoleh panduan lokasi bengkel jika dibutuhkan.

Peta mudik dilengkapi dengan lokasi masjid, stasiun pengisian bahan bakar umum, dan rumah makan. ‘’Kami ingin mereka merasa nyaman dalam perjalanan mudik ke kampung halaman,’’ ujar Saki.

Pada Ramadhan tahun ini, Google menyuguhkan Google Cafe Ramadhan. Layanan ini memudahkan penggunanya berkomunikasi dan bersilaturahim. Terdiri atas aplikasi google calendar, maps, keep, hangout, dan Youtube.

Kepala Pemasaran Google Indonesia Krishna Zulkarnain mengatakan, google calendar membantu mengatur agenda dari pagi hingga malam hari. Bahkan, dapat menginformasikan agenda tersebut kepada orang lain.

Agenda Ramadhan dari silaturahim hingga berbuka puasa dapat dirancang di sini. Ia menambahkan, google maps berfungsi sebagai GPS. Aplikasi ini memudahkan pengguna mengetahui rute perjalanan yang mereka maupun alternatifnya.

Terutama, kata dia, saat mudik Lebaran. ‘’Melalui google maps kita juga bisa menemukan restoran halal terdekat,’’ kata Krishna, di Jakarta, Selasa (17/6). Cara menggunakannya, bisa dengan voicecaller atau mengetikkan kata restoran halal.

Mencari masjid terdekat di lokasi seseorang berada juga jadi mudah. Ketik saja ‘’mosque near me’’ pada kolom pencari, lalu peta memperlihatkan lokasi masjid terdekat. Di Youtube, seseorang terbantu menyimpan dan membagikan video.

Misalnya, video tutorial hijab atau masakan berbuka dan sahur selama Ramadhan. Menurut Krishna, semua aplikasi dapat diunduh di Google mulai 27 Juni mendatang. Saat ini, baru pengenalan aplikasi sebelum memasuki Ramadhan.rep:c64/c91 ed: ferry kisihandi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement