Senin 19 Dec 2016 14:00 WIB

mozaik- Hasil Tani yang Mendunia

Red:

Pengembangan teknologi pertanian memungkinkan dikembangkannya tanaman baru di suatu daerah. Hasil pertanian dari dunia Islam pun melanglang bumi sehingga dapat dinikmati oleh umat lain.

Romawi  misalnya, sempat mengimpor beras dari dunia Islam yang ditanam  para petani Muslim di Sicilia dan Spanyol. Sejarah mencatat, Andalusia jadi salah satu pusat  pengembangan aneka tanaman pertanian baru termasuk  tebu, padi, berbagai jenis jeruk, aprikot, kapas, pisang, dan  lainnya yang kemudian juga diambil Dunia Baru. Semua  produk pertanian ini kemudian diekspor ke Eropa bersama  teknik budi dayanya.

Di bawah pengaruh dunia Islam juga, industri sutra berkembang, linen diekspor, tanaman flax dibudi daya,  dan rumput esparto yang tumbuh liar dimanfaatkan dan dibuat aneka barang.

Kala itu, banyak jenis tanaman pertanian yang dibawa seseorang ke suatu tempat lalu tumbuh baik di sana.

Amir Cordoba, Abdul Rahman I  berperan mengenalkan beberapa jenis  tanaman baru termasuk kurma. Beberapa varietas delima dikenalkan ke Damaskus oleh Kepala Hakim Cordoba,  Muawiyah bin Salih. Sedangkan, para tentara Dinasti  Umayyah dari Timur Tengah ikut memperkenalkan buah tin  yang kemudian dibudidayakan di Malaga, Spanyol.

Umat Islam juga mengenalkan tebu ke Ethiopia yang  kemudian membuat pulau-pulau di Zanzibar, Afrika Timur, terkenal dengan produk gula berkualitas.    Oleh Fuji Pratiwi, ed: Wachidah Handasah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement