Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Mabes Usut Aksi Oknum TNI AU

Senin 22 Aug 2016 13:00 WIB

Red:

MEDAN -- Tim investigasi dari Detasemen Polisi Militer Markas Besar TNI AU turun ke Sari Rejo, Sabtu (20/8). Tim ini dipimpin oleh Komandan Puspom Koops I Kolonel POM Bambang Suseno.

Rombongan ini langsung mendatangi Masjid Al Hasanah. Satu per satu pengurus masjid itu pun menceritakan perlakuan yang mereka terima dari para oknum TNI AU Lanud Soewondo beberapa waktu lalu.

"Kami hanya berharap kasus ini dapat diusut hingga tuntas. Dan jangan sampai kejadian seperti ini terulang lagi," kata salah satu pengurus, Riwayat Pakpahan, usai menceritakan yang ia alami, Sabtu.

Menanggapi berbagai kesaksian tersebut, Komandan Puspom Koops I Kolonel POM Bambang Suseno mengaku menyesali kejadian yang terjadi beberapa waktu lalu itu. Ia pun berjanji akan mengusut kejadian tersebut hingga tuntas, termasuk yang berkaitan dengan tindakan arogan oknum TNI di masjid.

"Kami berjanji akan melaporkan yang kami dapatkan ke pimpinan. Kami yakin, tidak ada sedikit pun niat merusak rumah ibadah itu," kata Bambang. "Saya mewakili pimpinan TNI AU memohon maaf yang sedalam-dalamnya. Kami tidak ada niat SARA," ujar dia lagi.

Dalam kunjungan tersebut, selain mendengarkan kesaksian warga dan mendatangi lokasi kejadian, Bambang bersama timnya juga mendata bagian yang rusak di sekitar masjid.

Sementara itu, rekaman yang menangkap tindak kekerasan oleh oknum TNI AU Lanud Soewondo terhadap warga Sari Rejo, Medan Polonia, Medan kembali muncul. Rekaman tersebut berasal dari kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) milik seorang warga Jalan Antariksa, Sari Rejo.

Dalam rekaman tersebut, tampak oknum berseragam TNI yang sedang melakukan sweeping di rumah-rumah dan warung milik warga. Mereka pun membawa pentungan dan senjata laras panjang.

Para oknum itu kemudian terlihat menemukan warga yang diduga bersembunyi di dalam sebuah rumah. Pria yang mengenakan kaus hitam dan bertopi itu pun dihujani pukulan dan tendangan sebelum akhirnya disuruh pergi.

Rekaman CCTV tersebut merupakan bukti baru aksi yang dilakukan oknum TNI AU Lanud Soewondo terhadap warga Sari Rejo.

Sebelumnya, rekaman CCTV di dua masjid juga telah tersebar di dunia maya. Dua masjid yang berada di Kelurahan Sari Rejo tersebut, yakni Masjid Silaturrahim di Jalan Antariksa dan Masjid Al Hasanah di Jalan Teratai.

Rekaman dua CCTV tersebut menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh oknum TNI Lanud Soewondo terhadap warga Sari Rejo dan juga pengurus masjid. Tak hanya memukul dan menendangi warga, mereka juga terekam masuk ke dalam masjid dengan menenteng pentungan dan tetap menggunakan sepatu.
rep: Issha Harruma, ed: Muhammad Hafil

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA