Selasa 11 Nov 2014 14:00 WIB

Republika Raih MH Thamrin Award 2014

Red:

PASAR MINGGU -- Harian Republika meraih penghargaan dalam ajang Anugerah Jurnalistik MH Thamrin-PWI DKI Jakarta 2014 yang digelar di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, Jumat (7/11) malam. Artikel Republika berjudul "Pahlawan Lingkungan Sesungguhnya" yang dimuat pada 10 Maret 2014 menang dalam kategori artikel umum.

Dalam penghargaan ke-40 itu, Republika juga meraih nominasi untuk kategori online. Artikel karya wartawan Republika Zaky Al Hamzah berjudul "Sinergi Melestarikan Sungai Ciliwung" dimuat di Republika Online (ROL) edisi 25 Oktober 2014.

Ada tujuh bidang yang dilombakan dalam program yang sudah dimulai sejak 1974 silam, yakni tajuk rencana, artikel umum, artikel layanan publik, karikatur, artikel online, foto, dan tayangan televisi. Karya jurnalistik yang diikutsertakan mulai dipublikasikan pada 1 Juni 2013 hingga 30 Mei 2014.

Tajuk rencana dimenangkan harian Kompas berjudul "Kembalikan PRJ ke Rakyat" dan online oleh Indopos berjudul "Pembangunan MRT dan Ancaman Kemacetan". Sementara, kategori tayangan televisi dimenangkan Trans 7 berjudul "Carut Marut Teluk Jakarta". Dalam kategori karikatur, dimenangkan Hendrikus David Arie berjudul "TransJakarta".

Pemenang untuk masing-masing kategori mendapatkan hadiah satu unit sepeda motor, uang tunai Rp 5 juta, dan trofi. Sementara untuk nominasi juara masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai Rp 2,5 juta, smartphone, dan trofi.

Ketua PWI Provinsi DKI Endang Werdiningsih mengatakan, para pemenang dan nominasi juara ditetapkan setelah melalui berbagai tahapan penilaian oleh para juri yang terdiri dari akademisi, praktisi, dan pengamat pers. Selanjutnya, kata dia, para juri memplenokan lima naskah terpilih tersebut menjadi tiga teratas. "Dari tiga teratas itulah ditentukan satu pemenang utama dan dua nomine," ucap Endang.

Disebutkan Endang, Anugerah Jurnalistik MH Thamrin PWI Provinsi DKI Jakarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan PWI terhadap karya jurnalistik tentang seluruh kehidupan dan pembangunan di Ibu Kota.

Ajang yang sudah menjadi agenda tahunan ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PWI Jaya. "Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Basuki Tjahaja Purnama selaku plt gubernur DKI yang mendukung terlaksananya acara ini, juga kepada pihak sponsor yang ikut membantu," tutur Endang. rep: karta ucu raharja

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement