Jumat 10 Oct 2014 12:00 WIB

Taman Ciletuh Jadi Geopark Nasional

Red:

SUKABUMI –– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi berupaya memperjuangkan kawasan Ciletuh di selatan Sukabumi menjadi geopark atau taman bumi nasional. Penetapan sebagai geopark diharapkan dapat dilaksanakan pada 2015. Langkah tersebut merupakan salah satu tahapan untuk menjadi geopark yang diakui dunia. "Untuk ditetapkan sebagai geopark harus memenuhi beberapa persyaratan," ujar Bupati Sukabumi Sukmawijaya, Kamis (9/10).

Menurutnya, kawasan Ciletuh telah memenuh persyaratan yang ditetapkan tersebut. Hal tersebut telah dipaparkan oleh akademisi Universitas Padjadjaran (Unpad) dan PT Biofarma kepada a dan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya (UNESCO), beberapa waktu lalu.

Ciletuh memiliki ke aneka ragaman geologi. Di kawasan Ciletuh terdapat fosil bantuan yang bisa memberikan informasi mengenai umur bumi. Selain itu, kawasan tersebut sangat kaya dengan curug atau air terjun. Ciletuh juga memiliki kekayaan budaya masyarakat yang khas seperti desain batik lokal. Bahkan, dalam waktu dekat ini akan digelar pameran batik khas Ciletuh.

Pemkab berharap dengan terpenuhinya sejumlah kriteria tersebut, Ciletuh dapat di jadikan geopark nasional. Dan selanjutnya, kawasan tersebut dapat menjadi taman bumi tingkat dunia.

Sukmawijaya berharap, penetapan sebagai taman bumi nasional dapat dila kukan pada 2015. Hal ini sejalan de ngan rencana kunjungan UNESCO ke Ciletuh pada 2015. "Kedatangan mereka sebagai tindak lanjut dari presentasi Geopark Ciletuh di Kanada," kata Sukmawijaya.

Jika UNESCO menjadikan Ciletuh sebagai geopark du nia, kawasan tersebut akan menjadi tujuan wisata inernasional. Kondisi itu akan memberikan dampak yang luar biasa bagi warga Sukabumi. salah satunya adalah pembangunan wilayah khususnya dae rah selatan Sukabumi. Tingkat pendapatan warga diperkirakan mem baik karena banyak turis dari mancanegara. Targetnya, ting kat kesejahteraan warga di selatan Sukabumi semakin meningkat.

Salah seorang warga Kota Sukabumi yang pernah ber kunjung ke Ciletuh Mulvi (30 tahun) mengatakan, kawasan Ciletuh memang layak ditetapkan sebagai geopark na sional. Pasalnya, di kawasan tersebut terdapat banyak keindahan alam yang tidak ditemukan di daerah lain. Kawasan tersebut juga bermanfaat sebagai tempat pembelajaran sejarah bagi siswa. rep:raga nurul iman ed: friska yolandha

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement