Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

‘Cirebon Jadi Inspirasi Kembangkan Batik Daerah’

Senin 06 Oct 2014 16:00 WIB

Red:

BANDUNG Batik Cirebon telah berkembang secara signifikan yang ditandai dengan keberadaan sentra industri batik. Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar menyatakan, pertum buhan industri batik khas Cirebon dapat menjadi inspirasi bagi kota/kabupaten lainnya untuk mengembangkan industri batik khas daerahnya.

"Batik Cirebon dapat menja di model dan inspirasi bagi perkembangan industri batik di Jabar," kata Deddy, akhir pekan lalu. Keberadaan Batik Trusmi se bagai sentra industri batik telah membuat Cirebon dikenal tidak ha nya di Jabar tetapi juga di Indonesia. Bahkan, batik Cirebon telah dikenal hingga mancanegara. Motif batik yang khas menjadi salah satu faktor yang membuat batik Cirebon ber kembang baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:ARDIANSYAH INDRA KUMALA/ANTARA

Batik Cirebon.

Terdapat beberapa jenis batik Cirebon yang cukup terkenal, yaitu Mega Men dung dan Awan Berarak. Jenis ini merupakan hasil karya kreativitas masyarakat dan pengusaha batik Cirebon. "Motif batik Cirebon memiliki makna kehidupan dan alam semesta yang luas serta Ketuhanannya," kata Deddy.

Faktor lain yang menunjang perkembangan batik Cirebon adalah infrastruktur yang mema dai seperti transportasi kereta api yang memiliki dua jalur rel. "Di bandingkan dengan batik-batik seperti di Garut, Pangandaran, Cirebon kelihatannya lebih cepat berkembang, karena jalur infrastrukturnya sudah bagus," kata Deddy. antara, ed: friska

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA