Ahad 10 Apr 2016 19:03 WIB

Bilik Redaksi

Red: operator

"Ya Allah berkahilah kami pada Rajab dan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan Ramadhan."

 

Doa di atas, lazim kita baca memasuki Rajab dan hingga menjelang Ramadhan kelak.

Alhamdulillah, Allah SWT memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan Rajab, salah satu dari empat bulan yang dimuliakan.

Kata rajab, menurut bahasa, artinya keagungan. Oleh sebab itu, bulan Rajab perlu diagungkan mengingat adanya beberapa keutamaan didalamnya. Bulan Rajab adalah salah satu bulan dalam kalender Hijriyah dan ia termasuk salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah sebagaimana ter sebut dalam Alquran surah at-Taubah ayat ke-36. 

Maka dalam konteks inilah, redaksi membahas ihwal seluk beluk Rajab mulai dari sejarah dan segala dinamika yang berkembang di dalam- nya, termasuk aktivitas dan ritual pra dan pasca-Islam datang. 

Sebagai pembuka edisi kali ini, redaksi mengangkat kota-kota yang spesial dan dimuliakan oleh Allah SWT.

Dari sekian banyak kota, dalam sejarah Islam, terdapat tiga kota yang Allah SWT muliakan, seperti Kota Yerussalem atau al-Quds, Makkah, dan Madinah. Keistimewan tiga kota itu seti- daknya tergambar dari situs beru pa masjid yang berada di dalamnya. (HR Bukhari Muslim dari Abu Hurai rah RA).

Pada rubrik "Arsitektur", redaksi mengulas tentang keindahan Islamic Museum of Australia. Selain karena arsiktekturnya, keberadaan museum ini juga menjadi bukti bahwa seni dan budaya Islam begitu bernilai di Negeri Kangguru ini. 

Buktinya, meski Islamic Museum of Australia dibangun di negara minoritas Muslim, bangunan ini tetap berdiri mewah dan megah. Dengan begitu, pantas museum ini pernah menyabet penghargaan sebagai salah satu museum terbaik di Australia dalam Museums

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement