Kamis 12 Jan 2017 18:00 WIB

Menyulap Layar Menjadi Touchscreen

Red:

Macbook Pro terbaru memang memiliki touch bar yang supercanggih. Namun, beberapa pemilik Macbook Air lama kini juga bisa menikmati layar sentuh "mendadak" pada laptopnya dengan menggunakan Airbar.

Airbar adalah perangkat kecil yang bisa digunakan untuk membuat layar Macbook Air 13,3 inci menjadi layar sentuh. Cukup menghubungkan Airbar di bawah layar Macbook dan hubungkan via portal USB, maka layar laptop berbasis Mac OS itu pun berubah seketika menjadi layar sentuh.

Dalam penerapannya, Airbar bekerja karena memiliki sensor array khusus yang memungkinkan pengguna mengontol mesin perangkat seolah-olah telah memiliki layar sentuh yang sebenarnya. Hebatnya lagi, dalam penggunaannya, Airbar juga tidak mensyaratkan menginstal perangkat lunak khusus atau melakukan konfigurasi tambahan lainnya.

Dilansir melalui Engadget, Airbar kini sudah hadir secara global. Pihak perusahaan memberikan pernyataan, Airbar juga bisa digunakan pada perangkat notebook dengan luas layar hingga 15,6 inch.

Dalam ajang Consumer Electronics Trade Show (CES) 2017 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat (AS), pihak Airbar sudah mengumumkan ketersediaan perangkat tersebut. Bahkan, ketika dicoba pada Macbook berlayar 13,3 inci, Airbar tetap berfungsi dengan baik.

Vlogger teknologi dengan akun Youtube Unbox Therapy mengunggah video review-nya mengenai Airbar. Ia menggunakannya pada perangkat Macbook Pro.

Airbar berfungsi cukup baik. Hanya saja, ketika melakukan gerakan memindahkan tab atau laman situs sedikit tersendat. Perangkat ini bahkan bisa juga digunakan pada laptop berbasis Windows. Rencananya, Airbar akan mulai bisa dibeli Maret mendatang melalui Amazon seharga 99 dolar AS.      rep: Nora Azizah, ed: Setyanavidita Livikacansera 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement