Sabtu 07 Jan 2017 18:00 WIB

Bandara Husein Sastranegara Operasikan Terminal Baru

Red:

BANDUNG  --  PT Angkasa Pura II (Persero) mulai mengoperasikan terminal baru untuk melayani penerbangan internasional di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/1). Terminal baru seluas 6.297 meter persegi tersebut mampu menampung satu juta penumpang pesawat per tahun.

Sebelumnya, Bandara Husein Sastranegara juga telah mengoperasikan terminal baru untuk penerbangan domestik pada 6 April 2016.  Sejalan dengan beroperasinya terminal domestik dan internasional yang baru, Bandara Husein Sastranegara kini memiliki kapasitas total 3,4 juta penumpang per tahun atau jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya yang hanya 600 ribu penumpang per tahun.

Angkasa Pura II telah berkoordinasi dan melakukan simulasi uji coba terminal internasional baru ini dua pekan sebelum dilakukannya soft operation bersama dengan berbagai stakeholder bandara, seperti maskapai, Imigrasi, Bea Cukai, dan Karantina. Simulasi ini untuk memastikan kelancaran pada saat pengoperasian soft operation tersebut.

Terminal internasional baru di Bandara Husein Sastranegara ini mengusung konsep eco airport yang modern dengan perpaduan cita rasa budaya lokal, yaitu konsep arsitektur bentuk atap terdiri dari atap Julang Ngapak Provinsi Jawa Barat. Desain interior keseluruhan terminal juga mendapat sentuhan khusus dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Total investasi yang dikeluarkan Angkasa Pura II untuk pembangunan terminal baru domestik dan internasional serta fasilitas di Bandara Husein Sastranegara adalah Rp 177 miliar yang seluruh pendanaannya pembangunan tersebut menggunakan kas internal korporasi.

"Dari sisi fasilitas pelayanan, terminal baru ini memiliki 10 counter check-in untuk penerbangan internasional dan sistem penanganan bagasi Automatic Baggage Conveyor terbaru untuk mempermudah serta mempercepat pengambilan bagasi kepada pengguna jasa bandara," kata Director Operation & Engineering Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo  lewat siaran pers.

Djoko optimistis terminal baru ini akan mampu menarik minat maskapai untuk membuka rute internasional guna mendukung pertumbuhan pariwisata di Jawa Barat khususnya Bandung, serta Indonesia secara umum. Bandara Internasional Husein Sastranegara saat ini melayani 40 penerbangan internasional per pekan dan 64 penerbangan domestik per hari.

Maskapai yang telah membuka penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Husein Sastranegara adalah AirAsia, Lion Air, Citilink, Kalstar, Nam Air, Xpress Air, Wings Air, Malindo Air, dan Silk Air.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandung telah menjadi destinasi wisata baik wisatawan dari dalam maupun luar negeri. "Jumlah wisatawan ke Bandung beberapa tahun lalu belum sampai dua juta sekarang sudah 3,4 juta, ini sangat menggembirakan," kata dia.

Bandara Hussein Sastranegara melayani tiga rute penerbangan internasional antara lain ke Johor, Kuala Lumpur, dan Singapura. Budi meminta kepada pengelola Bandara untuk membuka rute penerbangan ke Bangkok dan Thailand. Budi mengatakan, hal ini untuk membuka konektivitas internasional.

"Saya minta (buka rute) ke Bangkok, nanti kalau sudah Bangkok mana lagi negara yang mungkin, kita ingin sekali semua tujuan destinasi wisata punya konektivitas dengan internasional tidak saja nasional, sehingga bisa mengembangkan pariwista di Bandung," ujar Budi.     rep: Frederik Bata, Intan Pratiwi, ed: Citra Listya Rini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement