Rabu 06 Aug 2014 19:31 WIB
Senggang

6 Pantai Eksotis Dunia

Red:

Musim liburan segera tiba. Pantai pun menjadi salah satu tempat tujuan berlibur favorit bagi semua orang. Dengan keindahan laut biru, deburan ombak yang menakjubkan, serta hamparan pasir putih yang cantik, tak ayal pantai menjadi alternatif berlibur yang amat menyenangkan.

Namun, agar berbeda, cobalah untuk melirik pantai-pantai yang unik di dunia. Bagaimana dengan pantai berpasir merah atau pantai yang dihuni binatang serta pantai yang memiliki batu berbentuk bola boling atau lainnya? Pasalnya, di dunia ini ternyata ada pantai-pantai dengan keindahan tak biasa yang menjadikan para pengunjung kagum. Berikut pantai-pantai unik yang ada dunia yang dilansir Top Dreamer, unikgaul.com, dan sumber lainnya:

 1. Pantai Pasir Pink, Indonesia

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Indonesia juga punya pantai unik dengan warna cantik, yaitu pink atau merah jambu. Pantai yang berada di Labuan Bajo ini biasa disebut dengan nama Pink Beach. Penamaan ini menjadi representasi pasirnya yang memang berwarna merah muda.

Warna tersebut semakin terlihat jelas saat ombak menjilat bibir pantai. Warna pasir tersebut ternyata bukan berasal dari proses vulkanis, melainkan dari karbonasi kalsium yang berasal dari cangkang dan tulang-belulang hewan-hewan invertebrate, seperti kerang, remis dan binatang bercangkang keras lainnya.

Jika dilihat lekat-lekat, ada butiran merah di pasir. Butiran tersebut diduga berasal dari karang di sana yang telah terkikis air dan waktu. Ternyata, pantai ini tidak hanya memiliki kecantikan pada pasirnya, tapi juga dunia bawah lautnya.

Kurang dari satu meter, Anda bisa melihat aneka terumbu karang dan anemon. Pemandangan pasirnya yang menghipnotis, air yang biru jernih, dan bukit di belakangnya menyempurnakan objek wisata alam tersebut. Pasirnya yang sangat lembut dan berwarna pink ini mengundang decak kagum banyak orang.

2. Pantai Playa de Gulpiyori, Spanyol

Sama seperti pantai lain, Gulpiyuri memiliki pasir dan ombak. Tapi, pantai yang berada di kawasan Llanes, Spanyol, ini terdapat di bawah permukaan tanah. Karena keunikan ini, turis menyebut Pantai Gulpiyuri sebagai pantai tanpa laut.

Pantai Playa de Gulpiyuri ini terbentuk dari daratan yang amblas, kemudian terisi rembesan air Laut Cantabrian. Pantai Gulpiyuri cukup kecil dengan panjang 40 meter dan lebar 15 meter.

Meskipun tampak kecil, Pantai Playa de Gulpiyuri memiliki ombak layaknya pantai terbuka. Ombak tersebut tercipta dari beradunya dua arus, yakni arus dari Cantabrian dan Teluk Biscay serta panorama yang tersaji dari pantai hanyalah kumpulan air asin dengan tebing tinggi.

3. Pantai Bola Boling, California

Mangapa disebut pantai bola boling? Ini karena bebatuan yang mengelilingi Bowling Beach Ball di Kota Mendocino, California, berbentuk bulat mirip bola boling. Bebatuan bulat di pantai yang juga dikenal dengan sebutan Schooner Gulch State Beach ini, ternyata hasil bentukan alam. Batu ini pun kukuh berdiri di tempatnya, tidak bisa dipindahkan meski ombak mengantamnya dengan keras.

 Jangankan disapu ombak, bebatuan tersebut juga tidak bisa didorong atau dipindahkan dengan kekuatan manusia. Saat musim panas, bebatuan akan kering dan bisa jadi tempat bermain. Tapi, pada saat musim hujan atau musim dingin, bebatuan ini akan berlumut dan sangat licin.

4. Pantai Air Hangat, Selandia Baru

Kalau biasanya pantai memiliki air yang dingin, berbeda dengan pantai yang ada di Selandia Baru. Karena, Selandia Baru memiliki Pantai Air Hangat yang terletak di kawasan pesisir timur Coromandel Peninsula.

Uniknya, air panas yang ada di pantai bukan berasal dari air laut, melainkan dari air yang ada di bawah pasir. Tapi, kolam air panas alami ini hanya bisa diakses pada saat tertentu.Waktu terbaik untuk berkunjung adalah ketika air laut sedang surut. Saat itu, pasir di pantai ini bisa digali dan Anda pun bisa menemukan air panas. Tak sekadar hangat, air dari galian ini bisa mencapai 64 derajat Celsius.

Garis pantai berair hangat ini mencapai 12 km dari bagian tenggara Whitianga dan sekitar 175 km dari Auckland melalui perjalanan kendaraan. Air hangat yang terdapat di pantai yang satu ini berasal dari sumber mata air panas yang keluar melalui pasir pantainya. Suhu air Pantai Coromandel mencapai 64 Celsius, sehingga akan terasa cukup panas bagi para pengunjung.

5. Pantai Papakolea, Hawaii, AS

Melihat pantai dengan pasir putih atau hitam mungkin biasa, tapi bagaimana dengan pantai berpasir hijau? Fenomena unik ini bisa kita lihat pada Pantai Papakolea (Pantai Pasir Hijau, Pantai Mahama).

Pantai unik ini terletak di barat daya gugusan karang Mauna Loa, dekat South Point, Ka’u District Hawaii. Pantai ini merupakan satu dari dua pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna hijau setelah Galapagos.

Warna hijau Papakolea berasal dari kandungan mineral olivine yang berasal dari cekungan tebing. Meski pasir yang ada di Pantai Papakolea ini tidak murni berasal dari serpihan kristal Olovine, keindahan pantai ini bisa membuatnya menjadi 'berlian Hawaii'. Berkunjung ke sini dan membawa segenggam pasir hijau bisa menjadi kenang-kenangan terbaik di Hawaii.

6. Pantai Plage de Saleccia, Prancis

Keunikan Pantai Plage de Saleccia terletak di dekat St Florent, Kepulauan Corsica, adalah berkumpulnya hewan ternak, seperti sapi ataupun kerbau yang berjemur di bibir pantai. Meskipun, terkadang keberadaan hewan-hewan tersebut membuat para pengunjung pantai tidak nyaman. Tapi, hal itu tidak mengurangi keunikan pantai ini.

Tidak mudah untuk mencapai Pantai Saleccia, akses dengan jalan yang terjal sepanjang 12 km hanya mampu ditempuh dengan berjalan kaki.

ed: endah hapsari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement