Rabu 30 Dec 2015 15:00 WIB

Pengguna Tol Bali Mandara Naik 36 Persen

Red:

DENPASAR – Jumlah kendaraan yang melewati Jalan Tol Bali Mandara pada pekan keempat Desember 2015 meningkat dibanding periode yang sama tahun lalu. Operator menyebut angka peningkatannya mencapai 36 persen.

"Minggu keempat Desember 2014 seharinya diperkirakan melintas sebanyak 62,720 kendaraan atau naik sebesar 36 persen dari tahun lalu," kata Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol (JBT), Akhmad Tito Karim, di Denpasar, Selasa (29/12).

Hal itu dikemukakan dalam acara sosialisasi penggunaan uang elektronik dalam membayar biaya masuk di pintu Tol Bali Mandara. Acara ini dihadiri sejumlah pejabat bank mitra JBT perwakilan Bali, yakni Bank Mandiri, Bank BPD Bali, BRI, dan Bank BNI.

Menurut Tito, peningkatan pengguna JBT juga terjadi minggu ketiga Desember 2015 sebesar 13 persen. Pada tahun lalu, kendaraan yang melintas seharinya sebanyak 40.373 kendaraan, tahun ini mencapai 55.020 kendaraan.

Menurut Tito peningkatan jumlah pengguna JBT juga diikuti dengan jumlah pengguna uang elektronik, karena JBT telah menambah jumlah gardu tol otomatis (GTO) di mulut tol. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kepada pengguna JBT agar bisa lebih nyaman dengan pelayanan yang lebih cepat di gardu masuk.

Dengan pembayaran menggunakan transaksi elektronik, pelayanan di gardu tol bisa lebih cepat. Hanya perlu waktu tiga detik untuk masuk ke dalam jalan tol sehingga tidak ada antrean. Sebaliknya, di gardu yang masih melayani pembayaran manual, waktunya lebih lama dengan antrean yang lebih panjang. "Itu karena pengguna tol masih harus mengeluarkan uang dari saku dan mungkin menunggu kembalian dari petugas pintu tol," katanya.

Tito Karim juga menjelaskan bahwa selain untuk meningkatkan pelayanan dan mempercepat transaksi di gerbang tol, penambahan GTO tersebut juga untuk menyukseskan program pemerintah pusat, yaitu Gerakan Nasional Non-Tunai (GN2T). Pengoperasian GTO dilakukan dengan sistem transaksi elektronik multibank. Saat ini operator telah bekerja sama dengan Bank Mandiri, BNI, dan BRI. ed: erdy nasrul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement