Selasa 10 Jan 2017 15:00 WIB

Kementerian BUMN Kembangkan Rumah Kreatif

Red:

 

Republika/Darmawan              

 

 

 

 

 

 

 

 

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membangun rumah kreatif di Banjar Sangging, Desa Kamasan, Klungkung, Bali. Rumah kreatif tersebut merupakan satu-satunya yang dibangun di Bali yang melibatkan Pertamina, Telkom, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan PLN.

Rumah kreatif yang diresmikan oleh Bupati Klungkung Nyoman Suwirta digunakan untuk tempat memamerkan berbagai jenis produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Kamasan.

Senior Analisis Planing CSRSME Partnership Program Pertamina Priyo mengatakan, rumah kreatif BUMN tersebut merupakan program yang dicanangkan Kementerian BUMN sebagai wadah bimbingan dan pelatihan para enterpreneur dalam mengembangkan UMKM.

Program tersebut sebagai upaya membantu pelaku bisnis untuk meningkatkan kualitas standardisasi produk dan pemanfaatan digital dalam pengembangan usaha, seperti memanfaatkan situs e-commerce sebagai etalase online produk-produk UMKM.

Melalui Rumah Kreatif BUMN, kata Priyo, para pelaku usaha di Kabupaten Klungkung akan memiliki kemampuan dan kesempatan untuk memasarkan produk-produk mereka ke pasar global tanpa batas. Sehingga, dapat mendorong tumbuhnya perekonomian melalui sektor UMKM seiring dengan tumbuhnya pemanfaatan ICT oleh masyarakat.

"Kementerian BUMN mencanangkan untuk menyediakan Rumah Kreatif BUMN di 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Hingga akhir 2016, Telkom beserta enam BUMN lainnya akan menyelesaikan 100 unit, termasuk satu unit di Bali ini yang telah diresmikan dan siap dioperasikan," ujar Priyo, seperti dikutip Antara.

Bupati Nyoman Suwirta menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, terutama Kementerian BUMN dan Pertamina karena memilih Klungkung sebagai tempat pendirian Rumah Kreatif di Bali. Pihaknya yakin, Desa Kamasan dipilih karena memiliki potensi. Dengan hadirnya rumah kreatif ini, Desa Kamasan yang dicanangkan sebagai Desa Wisata akan semakin lengkap dan segera beroperasional pada 2017.

Ia mengajak seluruh komponen masyarakat Desa Kamasan menyiapkan segala sarana penunjang Desa Wisata, di samping yang telah disiapkan pemkab setempat.

Dengan adanya rumah kreatif, diharapkan akan semakin menggairahkan para pengrajin dan seniman dalam mengembangkan usaha sekaligus mendukung pengembangan Desa Wisata Kamasan.    ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement