Selasa 10 Jan 2017 16:00 WIB

Berburu 'Perlengkapan Perang' untuk Piknik

Red:

Banyak cara menikmati waktu bersantai, khususnya untuk melepas penat setelah seharian melakukan rutinitas pekerjaan atau terkena macet di perjalanan. Hari libur merupakan kesempatan emas untuk lebih banyak menghabiskan waktu senggang tersebut.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga ataupun orang-orang terdekat adalah piknik. Selain menyenangkan, kita juga bisa bersantai sambil menikmati indahnya alam dan menghirup udara segar.

Pemilihan tempat yang nyaman dan teman menyenangkan akan membuat kegiatan piknik menjadi makin seru. Di tengah zaman modern seperti saat ini perlengkapan piknik terus bertransformasi menjadi lebih ringkas dan efisien untuk dibawa-bawa.

Bagi Zulfi (22), pecinta piknik asal Jakarta, misalnya. Wanita yang hobi membeli alat piknik ini sering berburu koleksi barangnya di beberapa toko daring. "Di online shop semacam di Instagram atau Tokopedia, juga ada kok. Komplit juga, mulai alat piknik lucu sampai jadul juga ada. Tergantung kita pintar memilih," ujarnya kepada Republika, Jakarta, Ahad (8/1).

Selain di toko daring, Zulfi juga sering berburu alat piknik di kawasan Cikini, Jakarta Selatan. Menurutnya, daerah tersebut terbilang komplit apabila ingin mencari alat piknik yang lucu, seperti keranjang kayu atau rotan.

Harga-harga barang yang ada di sana pun terjangkau. "Di Cikini, harganya mulai Rp 140 ribu sampai Rp 300 ribu. Tergantung ukuran, bahan baku, dan kreasinya," kata dia.

Saat ini, peminat alat piknik ternyata kian ramai, mulai remaja hingga orang tua. Apalagi kalau barang tersebut merupakan benda buatan tangan. Barang-barang handmade kerap memberikan rasa unik dan bernilai jual tinggi.

Pemilik toko di jejaring e-commerce nasional, Tokopedia, Nailu Rizki mengungkapkan, peralatan piknik seperti matras dan tikar lipat paling dicari saat musim liburan.

Matras atau tikar yang antiair biasanya harganya beragam, dari Rp 40 ribu sampai Rp 105 ribu. Ukurannya 150 senti meter kali 180 senti meter, tapi setelah dilipat jadi 20 kali 25 senti meter. "Motifnya mulai garis-garis dan bunga-bunga, ada juga polos," kata Rizki.

Ia menjelaskan, tikar atau matras lipat yang dijualnya memiliki beberapa keunggulan. Tak hanya antiair, tapi juga bahannya yang terbuat dari nilon membuat tikar ini lebih tahan lama.

Selain itu, tikarnya juga tahan embun dan akan tetap nyaman digunakan pada suhu atau kondisi apa pun. Bagian bawah karpetnya dibuat dari bahan aluminium foil sehingga tidak tembus air.

Menurut Rizki , tikar untuk pknik sekarang juga sangat ringan dan dapat dengan mudah dilipat. Dengan begitu, akan memudahkan para penggunanya untuk membawanya ke berbagai lokasi piknik yang dituju.

Ketika selesai digunakan, tikar memiliki perekat sehingga bisa mengunci dan tergulung dengan rapi. Setelah tikar dilipat, terdapat handlebar yang dapat memudahkan penggunan untuk menentengnya.

Berbagai perlengkapan piknik lain yang juga banyak diburu, antara lain adalah cooler, kursi lipat, dan kasur angin terapung. Harga yang ditawarkan amat beragam, dari Rp 30 ribu sampai Rp 90 ribu untuk kursi lipat, sementara kasur angin biasanya ditawarkan di atas Rp 100 ribu.

Untuk cooler, biasanya Rizki menawarkan harga mulai dari Rp 120 ribu untuk ukuran 18 liter sampai Rp 350 ribu untuk 24 liter. Bahannya terbuat dari fiber glass antipecah dan bisa tahan dingin hingga 24 jam.         c01, ed: Setyanavidita Livikacansera

***

Bersiap Berangkat Piknik

Untuk liburan bersama keluarga dan teman-teman Anda perlu persiapan sebelum berangkat. Zulfi pun berbagi tips untuk membuat piknik tetap nyaman.

Menurut dia, sesudah menentukan tempat yang dirasa cocok untuk berpiknik, pastikan beberapa perlengkapan yang wajib dibawa. Walau piknik biasanya bertema urban atau pedesaan, piknik juga bisa mengusung tema perairan atau pegunungan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Bentangkan tikar plastik di tempat yang bersih. Ikat keempat ujung tikar dengan karet gelang, jangan lupa sisipkan batu kecil di tengahnya.

2. Bawalah air bersih satu galon dari rumah. Air bersih ini akan berguna untuk mencuci tangan atau badan, apabila kita memilih menghabiskan waktu berpiknik di pantai dan bermain di air di laut.

3. Gunakan wadah dan peralatan makan dari bahan yang bisa didaur ulang untuk menjaga kebersihan dan kelestarian tempat wisata.

4. Buatlah bekal piknik sesuai dengan kesukaan setiap anggota keluarga. Jika ada bekal berkuah dan dihidangkan panas, masukan hidangan tadi ke dalam termos tertutup rapat.

Jika memungkinkan, membawa kompor gas kecil untuk traveling atau kompor portable. Dengan begitu, acara piknik akan makin seru.

5. Untuk menyimpan minuman dingin, bawalah es batu dan masukan minuman Anda ke dalam kotak pendingin.

6. Lengkapi juga bekal dengan aneka camilan favorit keluarga untuk di perjalanan.      c01, ed: Setyanavidita Livikacansera

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement