Jumat 29 Jan 2016 16:00 WIB

Minyak Mahal yang Laku Diburu

Red:

Minyak esensial kini sudah banyak menjadi salah satu produk wajib kecantikan para wanita. Minyak esensial merupakan salah satu produk kecantikan yang alami, tapi mengandung segudang manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Selama ini, minyak esensial banyak dimanfaatkan untuk melembapkan dan membersihkan kulit, mengatasi jerawat, hingga rileksasi pikiran. Tak heran, penggunaan minyak esensial semakin menjadi tren.

Penjual minyak esensial merek Young Living di akun Instagram Oilermomma, Ratu Fitria, mengatakan, pemakaian minyak esensial mulai menjadi tren dalam dua tahun terakhir. Hal ini tak lepas dari semakin tingginya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan maupun cara berobat yang benar.

Menurutnya, para pelanggan yang gemar membeli minyak esensial dari akunnya kebanyakan adalah wanita, khususnya ibu-ibu. Tapi, ada pula kaum pria yang mulai tertarik dengan produk ini. "Minyak esensial bermanfaat juga bagi anak-anak," ujar Ratu. 

Demi mendapatkan manfaat dari minyak esensial ini, pembeli biasanya harus merogoh kantong lumayan dalam. Wilda Wulandari adalah ibu rumah tangga yang telah merasakan berbagai khasiat dari minyak esensial.

Warga asal Sukabumi ini tak khawatir apabila ia harus mengeluarkan anggaran besar untuk mendapatkan produk kesukaannya. "Memang, harga biasanya tidak bohong," kata dia.

Melalui merek Young Living yang berasal dari Singapura, Oilermomma menawarkan ratusan jenis minyak penting. Ratu menambahkan, minyak esensial memang memiliki berbagai manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Namun, perlu diingat, minyak ini bukanlah obat, melainkan produk untuk membantu memelihara kesehatan. Contohnya, Oil Lemongrass yang dapat membantu menyeimbangkan kesehatan. Selain itu, minyak ini juga bermanfaat untuk kecantikan kulit dan antipenuaan.

Jenis lain yang paling banyak diburu, antara lain, jenis lavender dan thieves karena memiliki banyak sekali khasiat. Mulai dari, memperhalus rambut dan wajah, sampai menjaga imunitas tubuh.

Salah satu merek minyak esensial yang paling dikenal di Asia ini menawarkan harga mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 3,8 jutaan. Ada jenis rose yang satu tetesnya saja berasal dari satu kuintal kelopak bunga mawar. "Kenapa mahal tetap laku, karena terbukti ampuh banyak khasiatnya, pelanggan selalu memesan ulang," ujar Ratu.

Untuk menjawab kebutuhan gaya hidup modern, merek lainnya, Nu Skin, juga bisa menjadi solusi. Melalui Epoch Essential Oils ethnobotanical, minyak esensial yang ditawarkan ini dapat meningkatkan pengalaman sensorik manusia dengan alam.

Menurut salah satu penjual Nu Skin, Myrna Yong, sudah sejak dulu manusia menggunakan minyak esesnsial secara topikal untuk aromaterapi.

Nu Skin lalu berkolaborasi dengan salah satu ethnobotanists terkemuka di dunia dalam menemukan cara untuk memasukkan kebiasaan ini ke dalam gaya hidup modern. "Ada minyak etnobotani dari perusahaan terpercaya yang terdiri dari minyak tunggal dan campuran aroma yang bisa dipilih sesuai selera," katanya.

Produk Nu Skin tersedia dalam berbagai aroma ekspresif. Khasiatnya mampu meningkatkan energi dalam rutinitas atau kesempatan yang ada.

Manfaat menyenangkan dari minyak esensial dibuat secara alami untuk bisa dinikmati bersama orang lain. Salah satunya, Epoch Lavender-Lavandula Angustifolia yang menawarkan aroma bunga alami dari minyak esensial Lavender Epoch.

Aromanya mampu memberikan rasa ketenangan dan kedamaian. Nikmati akhir santai, bahkan hari-hari tersibuk kita dengan manfaat menenangkan dari Epoch Lavender. Cara menggunakannya, cukup masukan beberapa tetes minyak ke dalam air hangat atau menggosok minyak ini di bantal pada malam hari untuk menenangkan diri ketika tidur.

Untuk kulit, kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam minyak esensial juga bisa menjadi sumber 'makanan' penuh nutrisi. Dengan rajin memakainya, kulit bisa tetap awet muda, terlindungi dari radikal bebas, dan menyamarkan bekas jerawat.

Kandungan vitamin E, asam lemak Omega 3 dan juga antioksidan yang ada di dalamnya baik untuk menunjang kecantikan kulit. Selain itu, vitamin C, Omega 3, dan asam lemak Omega 6 dapat membuat kulit tetap awet muda karena bisa meningkatkan produksi kolagen di dalamnya.

Beberapa jenis minyak penting lain yang mungkin bisa dipilih untuk membuat kulit cantik sempurna, di antaranya, evening prime rose oil, argan oil, rose hip oil, dan marula oil. Evening prime rose merupakan minyak yang diekstraksi dari biji bunga evening prime rose yang kaya akan asam lemak dan Omega 6.

Kandungannya bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk kulit kering, argan oil cocok digunakan karena memiliki khasiat yang melembapkan. Rose hip oil juga baik digunakan untuk menutrisi kulit. Sementara, marula oil bisa membantu menangkal radikal bebas dari sinar matahari jahat.

Di kalangan kaum Adam, jenis minyak esensial yang menjadi primadona adalah shutran. Jenis ini merupakan minyak esensial yang diformulasi guna meningkatkan perasaan maskulinitas dan keyakinan. Cukup oleskan dua sampai empat tetes per hari atau sesuai kebutuhan. rep: Santi Sopia, ed: Setyanavidita Livikacansera

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement