Selasa 17 Jan 2017 14:00 WIB

Pemain Impor Satria Muda Lolos Tes Medis

Red:

JAKARTA  --  Dua pemain impor Satria Muda Pertamina, Carlos Smith dan Tyreek Jewell, lolos menjalani tes medis di Indonesia Sport Medicine Centre (ISMC), Senin (16/1). Smith dan Jewell siap berlaga bersama Satria Muda di Indonesia Basketball League (IBL) 2017.

"Kedua pemain aman, tidak ada risiko cedera, dan semua gerakan dalam pemeriksaan bisa dilakukan dengan baik," kata dokter spesialis olahraga, dokter Andi Kurniawan, di sela-sela pemeriksaan fisik Smith dan Jewell yang memakan waktu kurang lebih sejam. 

Kata Andi, tes medis yang dilewati Smith dan Jewell terdiri atas beberapa tahap. Tahap pertama, kedua pemain menjalani sesi wawancara dengan tim dokter untuk mengetahui riwayat cedera yang pernah dialami pemain. Selepas wawancara, kedua pemain langsung menjalani pemeriksaan otot dan sendi.

Dari hasil wawancara serta pemeriksaan otot dan sendi, Smith dan Jewell pernah mengalami cedera ringan pada bagian pergelangan kaki dan tangan. Namun, cedera yang mereka alami sudah dapat ditangani dengan baik oleh tim dokter tempat kedua pemain impor tersebut bermain.

Setelah menjalani pemeriksaan sendi dan otot, kedua pemain menjalani pemeriksaan jantung. Hasil dari pemeriksaan ini juga menunjukkan hasil yang baik pada kedua pemain dari Amerika Serikat (AS) itu. Tahap terakhir pemeriksaan adalah cek gerakan dari masing-masing pemain.

Andi mengatakan, pada tahap ini ada sedikit masalah terkait otot-otot paha bawah dan belakang kedua pemain. Namun, hal ini dinilainya sangat wajar karena Smith dan Jewell belum menjalani latihan penuh bersama klubnya.

"Tapi ini bukan cedera, hanya ada otot yang masih kaku karena perjalanan jauh di paha bagian bawah dan belakang," kata dia.

Untuk kedua pemain impor yang didapatkan SM Pertamina dari drafting IBL, Andi menyarankan agar kedua pemain lebih banyak porsi untuk pemanasan dan pemulihan otot-otot yang masih kaku. Namun, pemanasan dan pemulihan harus dibantu oleh tim pelatih klub agar hasilnya lebih maksimal.

Usai menjalani pemeriksaan, hasil dari tim dokter ISMC akan langsung diserahkan pada pihak manajemen SM Pertamina. "Hari ini sudah langsung bisa diberikan ke manajemen, secara umum kondisi mereka bagus," kata Andi.

Manajer Satria Muda Pertamina Baby Riska Natalia sudah berharap hasil pemeriksaan kondisi fisik kedua pemainnya bagus. Menurut dia, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi umum dari fisik kedua pemain impornya. Meskipun, secara keseluruhan, kondisi keduanya terlihat bagus.

Hanya saja, kata Baby, pemeriksaan diperlukan agar klub bisa melihat kondisi dan kemampuan fisik mereka sebelum bertanding membela SM Pertamina. "Secara umum tidak ada masalah, kita hanya ingin tahu kondisi mereka dengan melakukan pemeriksaan fisik kedua pemain," kata dia.

Manajemen Satria Muda memahami kalau ada hasil dari pemeriksaan yang kurang maksimal. Ini mengingat faktor kelelahan yang diderita Smith dan Jewell. Keduanya belum mendapatkan istirahat yang cukup dan menjalani latihan bersama rekan-rekannya di klub.

Baby mengatakan, setelah menjalani pemeriksaan kesehatan di ISMC, mereka akan menjalani latihan bersama klub untuk menyatukan mereka dengan pemain lainnya. Sejauh ini, tidak ada kendala interaksi dengan pemain-pemain lokal dan mereka.

Hanya memang permainan Smith dan Jewell belum menyatu dengan pemain Satria Muda lainya. Namun, manajemen optimistis Smith yang bakal mengisi posisi forward (Smith) dan Jewell sebagai guard segera menyatu dengan tim.        rep: Agus Raharjo, ed: Citra Listya Rini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement