Senin 16 Jan 2017 17:00 WIB

Direktur Teknis Mercedes Hengkang

Red:

LONDON — Persiapan tim Mercedes menyambut gelaran Formula One (F1) 2017 terus mengalami gangguan. Kali ini pihak Mercedes mengonfirmasi bahwa Direktur Teknis Paddy Lowe telah resmi meninggalkan tim. Sejauh ini masih belum diketahui apa yang akan dilakukan oleh Lowe. Namun, sejumlah media mengabarkan Lowe kemungkinan bakal kembali bersama tim Williams.

Petinggi Mercedes-Benz Motorsport, Toto Wolff, menyampaikan ucapan terima kasih atas kontribusi yang diberikan Lowe selama ini. Meski, ia menyadari, timnya kini harus mencari pengganti yang tepat atas absenya Lowe dari posisi direktur teknis.

"Lowe benar-benar telah memberikan kontribusinya dalam kesuksesan kami selama tiga setengah tahun terakhir ini. Kami sangat berterima kasih atas perannya dalam bagian yang sangat signifikan bagi sejarah motorsports Mercedes," ujar Wolff.

Wolff mengakui, kesuksesan dalam F1 bukan hanya diraih dari peran satu orang. Namun, lanjutnya, kesuksesan tim di arena balap F1 ini merupakan peran dari kekuatan tim dalam mengulik kemampuan teknis. "Oleh karena itu, kami telah memiliki talenta yang akan mendukung kami dalam melanjutkan kesuksesan yang kami targetkan tahun ini dan seterusnya," kata dia.

Dalam jangka pendek, Mercedes mengatakan bahwa divisi teknis sementara akan dibawahi oleh Aldo Costa selaku engineering director, Mark Ellis selaku performance director, Rob Thomas selaku CEO, dan Geoff Willis selaku direktur teknologi.

Lowe telah bergabung dengan Mercedes Formula One Team sejak 2013. Dilansir dari laman resmi Formula 1, setelah sekian lama bersama, akhirnya pada pekan lalu tim memberikan konfirmasi bahwa Lowe resmi meninggalkan Mercedes.

Kepergian Lowe ini menimbulkan spekulasi. Media menulis bahwa adanya hubungan kepergian Lowe ini dengan rencananya untuk kembali ke Williams. Tim ini merupakan tempat ia memulai kariernya di F1 pada 1987.

"Saya sudah bekerja bersama Mercedes selama lebih dari tiga tahun. Bersama Mercedes saya telah meraih kesuksesan yang fantastis dan menyenangkan. Tim ini juga diisi dengan orang-orang yang sangat luar biasa," ujar pria berkebangsaan Inggris tersebut.

Ia berharap, Mercedes dapat terus mencetak prestasi meski ia telah resmi meninggalkan Mercedes pada 10 Januari 2017. "Kini saya mencoba menatap ke depan untuk menghadapi tantangan baru," kata Lowe yang telah berkontribusi dalam 150 kemenangan di Grand Prix serta gelar juara dunia multiple bersama Williams, McLaren, dan Mercedes.

Hengkangnya Lowe ini tentu saja menjadi kehilangan besar bagi tim Mercedes. Pada penghujung tahun lalu, tim Mercedes telah kehilangan pembalap terbaiknya, Nico Rosberg. Juara F1 2016 itu telah mengumumkan untuk pensiun dari arena balap. Hingga kini, pihak Mercedes belum juga mendapatkan sosok yang akan disandingkan dengan Lewis Hamilton untuk balapan musim depan. Pihak Mercedes sebelumnya telah mengumumkan pihaknya segera mengumumkan pengganti Rosberg pada Januari ini.      Eric Iskandarsjah Z, ed: M Akbar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement