Ahad 31 Aug 2014 15:45 WIB
kickoff

Pesan Indra Sjafri untuk Sabeq Fahmi

Red: operator

Remaja asal Jember itu kini hanya bisa menyaksikan Evan Dimas dan kawan-kawan dari layar kaca. Padahal dulunya, dia merupakan pemain andalan pelatih timnas U-19 Indra Sjafri.

Remaja itu adalah Sabeq Fahmi Fahrezy. Namanya mungkin ma sih asing bagi masyarakat awam. Tetapi sesungguhnya, dialah salah satu pemain yang berjasa membuka prestasi sepak bola Indonesia di level usia muda.

Sabeq menjadi pemain andalan Indra Sjafri saat masih di timnas U17. Ia membawa Indonesia menjadi juara pada turnamen invitasi di Hong Kong, HKFA 2012. Di ajang itu, Sabeq juga terpilih sebagai pemain terbaik serta menjadi top skorer. Sabeq juga tampil cemerlang pada Piala Pelajar Asia U-18 di Iran di tahun yang sama. Ia pernah mencetak 12 gol dalam satu pertandingan saat Indonesia menggulung Pakistan 25-0 di fase grup.

Sayang, nasib sial menimpa pemain kelahiran 24 Januari 1996 itu. Pada 2013, Sabeq terkena cedera lutut serius dan harus istirahat selama hampir satu tahun setelah menjalani operasi. Cedera itu yang membuatnya tersisih dari timnas U-19 saat berlaga di Piala AFF U-19 2013 dan kualifikasi Piala Asia U-19.

Indra Sjafri rupanya tidak lupa dengan mantan pemain andalannya tersebut. Indra bahkan memberi sinyal kepada Sabeq untuk dapat kembali berkumpul bersama Evan Dimas dkk.Sabeq mengaku sering menjalin komunikasi dengan Indra.

Bah kan, Indra sempat memantau langsung dirinya saat timnas U-19 B beruji coba dengan Villa 2000 di POR Sawangan Depok, Kamis, 28/8). Kedatangan Indra saat itu untuk memantau tiga pemain timnas U-19 B yakni Rudolf Yanto, Jun da Irawan, dan Sabeq. Namun, hanya Rudolf Yanto yang akhirnya dibawa Indra.

"Bukannya coach Indra tidak mau memanggil. Tapi kamu berusaha di sini dulu (timnas U-19 B).Iya coach saya siap," kata Sabeq menirukan perbincangannya dengan Indra Sjafri.

Pesan Indra Sjafri itu semakin mengobarkan semangat Sabeq untuk merebut kembali seragam Merah Putih bersama timnas U19. Walaupun harus tergabung ke dalam skuat timnas U-19 B yang merupakan tim pelapis timnas U19, Sabeq tak merasa kecil hati.

"Tentu ada keinginan untuk kembali bergabung bersama teman-teman yang dulu (timnas U19 B). Tapi sekarang, saya harus berjuang di timnas U-19 B dulu dan saya tidak akan menyiakan kesempatan. Karena di sini juga kan membela nama negara," tegas dia.

Yang terpenting bagi Sabeq saat ini adalah membuktikan diri bahwa kemampuannya belum habis. Ia bertekad memberikan yang terbaik bersama timnas U19 B dalam turnamen AFF U-19 Preparatory di Vietnam, 5-13 September mendatang. Seperti diketahui, PSSI mengutus timnas U-19 B setelah Indra Sjafri urung mengikuti turnamen tersebut.

Indra lebih memilih melakukan pemusatan latihan di Eropa.Pemain yang bisa beroperasi sebagai winger dan striker tersebut mengaku sudah pulih sepenuhnya dari cedera lutut. "Sudah siap sepenuhnya dan saya merasa sangat on fire.

Namun untuk mengembalikan performa seperti dulu itu memang sulit. Tapi semua akan kalah dengan semangat," tutur dia. rep:Satria Kartika Yudha  ed:abdullah sammy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement