Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Kenapa Gusi Mudah Berdarah?

Selasa 08 Apr 2014 13:41 WIB

Red: Indira Rezkisari

Radang Gusi

Radang Gusi

Foto: radanggusi.com

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, kenapa ya di mulut saya seperti terasa darah. Terkadang jika meludah suka berdarah. Kenapa sih dok gusi mudah sekali berdarah jika kita hisap, adakah indikasi penyakit tertentu?.

Terima kasih.

Rama

Jawaban:

Salam kenal Rama. Terima kasih atas pertanyaannya. Mengenai keadaan yang Rama alami harus dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh tidak hanya di dalam rongga mulut saja namun juga kesehatan umum Rama lainnya.

Terkadang, jika perdarahan ini terjadi dalam mulut, maka umumnya dikarenakan adanya infeksi dalam gusi rongga mulut. Bisa disebabkan karena adanya karang gigi yang sudah banyak, sehingga dengan menyikat gigi saja mudah berdarah.

Bisa juga dikarenakan ada sisa-sisa akar gigi yang tidak tercabut sempurna, atau karena gigi patah sehingga gusi mengalami pembengkakan karena infeksi sehingga mudah terjadi pendarahan. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk melihat keadaan ini khususnya ke Spesialis Periodonti.

Namun bila hal ini sudah pernah dilakukan dan tidak ada masalah, kemungkinan ada kelainan jaringan mukosanya oleh karena itu Rama juga dianjurkan konsultasi ke dokter gigi Spesialis Penyakit Mulut (Oral Medicine).

Jangan lupa juga konsultasi ke dokter umum untuk kesehatan umum Rama. Semoga penjelasan saya ini dapat menjawab pertanyaan dari Rama. Semoga lekas sembuh dan Salam Senyum Sehat.

drg Samdharu P, SpProst

Spesialis Gigi dan Mulut di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA