Minggu, 18 Zulqaidah 1440 / 21 Juli 2019

Minggu, 18 Zulqaidah 1440 / 21 Juli 2019

Bahaya Sering Pakai Tusuk Gigi

Kamis 04 Jul 2013 12:17 WIB

Red: Endah Hapsari

Sakit gigi

Sakit gigi

Foto: sophisticatededge.com

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya pernah tambal gigi geraham atas, tapi sering pakai tusuk gigi kemudian jarak antar gigi merenggang dan akhirnya gusi menutupi celah gigi dan naik muncul ke permukaan rata dengan gigi. Kalau saya hisap area tersebut maka keluar sedikit darah. Kenapa ya, dok? Apa yang harus dilakukan? Trims dok. 

Alex (35) 

Sidoarjo

 

Jawaban:

Salam sehat buat mas Alex di Sidoarjo. Adanya pembesaran gusi di daerah sela gigi yang renggang kemungkinan gusinya sudah terjadi peradangan dari infeksi oleh karena kebiasaan menggunakan tusuk gigi untuk melakukan pembersihan kotoran disela gigi.

Peradangan gusi ini tentunya sangat mudah terjadi pendarahan jika tersentuh baik saat ber-sikat gigi atau pada saat dihisap. Sebaiknya segera ke dokter gigi untuk diobati dan jika sudah reda peradangannya maka sela gigi yang ada bisa ditambal.

Dalam hal ini, peradangan yang dibiarkan akan merusak jaringan pendukung gigi seperti tulang alveolar, gusi disekitar gigi akibatnya jika dibiarkan akan meluas dan membuat gigi goyang yang akhirnya dapat berakibat pada pencabutan gigi.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk dilakukan pengobatan ke dokter gigi untuk kasus ini. Demikian semoga Alex bisa segera ditangani peradangan gusinya dan segera sehat kembali. Salam. (Sam)

 

drg Samdharu P, MPhil, SpProst

Spesialis Gigi & Mulut di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA